Sukses

Kuliah Perdana, UMN Dorong Mahasiswa Jadi Generasi Unggul dan Inovatif

Liputan6.com, Jakarta Tantangan dunia kerja semakin sulit dan penuh persaingan. Bukan hanya persaingan dengan sesama manusia saja, kini sudah banyak lapangan pekerjaan yang tergantikan dengan teknologi.

Oleh sebab itu, sudah seharusnya generasi muda lebih unggul dan inovatif dalam menghadapi perubahan. Bagi institusi pendidikan, permasalahan ini turut membuat mereka turun tangan memberikan motivasi kepada mahasiswa untuk mempersiapkan diri di dunia kerja nanti.

Hal itu juga tak luput disampaikan oleh Universitas Multimedia Nusantara. Sebagai kampus ternama berbasis ICT, UMN juga memberikan persiapan yang akan dihadapi mahasiswa pada dunia kerja. Masalah itu dijelaskan dalam Sidang Senat Terbuka-Kuliah Perdana UMN di Function Hall UMN, Kamis (16/8/2018).

"Generasi muda atau mahasiswa baru nantinya harus mempersiapkan diri menjadi insan-insan pembelajar. Tidak cukup hanya menerima pengetahuan dari bangku kuliah saja," tutur Dr. Nino Leksono, selaku Rektor UMN.

Mahasiswa perlu menyiapkan diri mereka dengan terjun dalam pengalaman organisasi atau aktivitas berbasis teamwork. Akan ada banyak pengalaman bertemu orang baru, cara menghadapi pemasalahan bersama tim, sampai dengan bertukar pikiran untuk melatih softskill dunia kerja yang akan menjadi bekal nanti di dunia kerja.

2 dari 2 halaman

Selanjutnya

Sejalan dengan pemikiran Rektor UMN, Ananda Wondo yang merupakan Alumni Universitas Multimedia Nusantara juga menegaskan teamwork merupakan faktor penting yang perlu didapatkan mahasiswa.

"Karena dunia kerja yang super luas, para mahasiswa baru akan bertemu dengan banyak orang, dengan berbagai macam latar belakang dan karakter, kalian harus memiliki tiga kemampuan dasar," paparnya saat menjadi pembicara khusus untuk mengisi Kuliah Perdana UMN.

Tiga kemampuan dasar itu meliputi teamwork (kerjasama), time management (pengelolaan waktu) dan set a vision (menetapkan visi/tujuan). Sebagai salah satu alumni UMN yang sukses dan kini menjabat dalam posisi Executive Public Relations Hotel Indonesia Kempinski Jakarta, Ananda dengan penuh semangat mengisi masukan kepada para mahasiswa baru.

Selain itu, juga menyarankan hal-hal yang harus dilakukan selama bangku perkuliahan.

“Kalau ditanya, apa sih yang harus dilakukan saat kuliah? Kalian harus be active, be creative, be persistent. Stay foolish, stay hungry!,” tutup Ananda.

Dalam sidang senat terbuka UMN tahun 2018 ini memang menghadirkan suasana berbeda dari tahun-tahun sebelumnya. Biasanya kuliah perdana mahasiswa UMN mengundang para pejabat untuk memberi motivasi.

Namun tahun ini UMN mengundang alumni untuk memberikan inpirasi lebih mendalam kepada para junior. Selain motivasi, kuliah perdana ini juga menyinggung beragam persiapan yang perlu dihadapi mahasiswa untuk dunia kerja nanti. Ataupun setelah lulus, para alumni UMN tetap memiliki etika profesional saat bekerja.