Sukses

Ini Khasiat Hebat Bawang untuk Cegah Kanker

Bawang ternyata punya banyak manfaat untuk mencegah terjadinya kanker pada tubuh kita.

Liputan6.com, Jakarta Dalam setiap makanan yang kita konsumsi, bawang merupakan salah satu bumbu dapur yang disertakan di dalamnya. Tak sedikit orang menganggap bawang bombay ataupun jenis bawang merah dan putih mampu membuat bau mulut dan badan.

Walaupun sering dijadikan bumbu dalam masakan, bawang sendiri punya kemampuan hebat untuk tubuh kita lo. Seperti dilansir Health.com, diketahui bawang bombai dan bawang putih dapat mencegah kanker dalam tubuh kita.

Hal ini dibuktikan dengan penelitian yang diterbitkan dalam jurnal American Journal of Clinical Nutrition menemukan bahwa orang yang banyak makan bawang bombai dan bawang putih dalam kesehariannya, memiliki risiko rendah mengembangkan beberapa jenis kanker dibanding yang jarang mengonsumsi bawang bombai dan bawang putih.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Jenis kanker yang dapat dicegah

Peneliti menemukan bawa kandungan allium pada sayuran, terutama pada bawang bombai dan bawang putih mampu mengurangi risiko kanker rongga mulut dan faring, kanker esofagus, kanker kolorektal, kanker laring, kanker payudara, kanker ovarium, kanker prostat dan kanker sel ginjal.

Penelitian dilakukan pada orang-orang Italia dan Swiss untuk mengetahui pengaruh banyaknya konsumsi bawang bombai dan bawang putih dengan tingkat risiko kanker. Dan kelompok partisipan yang diberi konsumsi bawang bombai dan bawang putih lebih banyak per harinya memiliki risiko lebih rendah mengalami sekian macam kanker tersebut.

Jadi, jangan sampai menghilangkan dua jenis bawang ini dalam setiap hidanganmu.

Reporter

Febi Anindyakirana

Sumber: Vemale.com

Saksikan Video Pilihan di Bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.