Sukses

Tidak Biasa, 3 Jembatan Unik Ini Dibuat sebagai Jalan Buat Air

Liputan6.com, Jakarta Jembatan selalu dibuat untuk menyeberangkan manusia ataupun transportasi. Namun, apa jadinya kalau jembatan yang dibuat justru sengaja untuk menyeberangkai air sungai atau lautan.

Ternyata ada lo yang membuat hal tersebut. Biasanya jembatan air dibuat secara khusus untuk membantu kapal kecil, dan kapal-kapal pengangkut barang lainnya. Istilah yang tepat untuk menjelaskan hal ini disebut dengan terowongan air.

Zaman Babylonia dan masa awal di Mesir dahulu, jembatan-jembatan dan terowongan air semacam ini dibuat untuk mengisi permintaan air masyarakat. Namun sekarang kanal air dibuat semodern mungkin untuk membantu kapal-kapal mengangkut dan menurunkan barang dengan mudah.

Dikutip dari Elite Readers, berikut tiga jembatan air yang menakjubkan di dunia.

1 dari 4 halaman

1. Magdeburg Water Bridge

Dianggap sebagai terowongan ataupunn jembatan air terpanjang di dunia dengan panjang 918 meter. Magdeburg water bridge berlokasi di Jerman dan konstruksi pembangunan jembatan ini dibuat selama enam tahun hingga akhirnya dapat di selesaikan pada Oktober 2003. Uniknya ada sungai Elbe yang juga melintas di bawah jembatan air Magdeburg.

Sebelum konstruksi jembatan ini dibuat, banyak kapal harus emmutar sejauh 12 kilometer untuk menurunkan kargo, sebelum air laut mengalami surut.

2 dari 4 halaman

2. Veluwemeer Aqueduct

Mungkin jembatan satu ini akan membuatmu tak percaya karena terlihat seperti terputus, jika dilihat dari atas. Biasanya sebuah jembatan dibuat untuk kemudahan transportasi.

Namun, jembatan Veluwemeer justru dibuat khusus di atasnya agar kapal kecil dapat melintas. Sedangkan untuk transportasi darat sengaja dibuat di bagian bawah.

Berlokasi di Harderwijk bagian timur Belanda, Velumwemeer merupakan jembatan air menakjubkan yang di bawahnya justru terdapat jalanan untuk menghubungan transportasi jalur darat ke provinsi Flevoland.

Setiap harinya jalanan di bawah jembatan Velwemeer mampu dilintasi lebih dari 28 ribu kendaraan. Dan pada bagian sisi jalan juga memiliki tempat untuk para pejalan kaki. Jembatan unik ini hanya memiliki panjang 25 meter dengan kedalaman tiga meter. Veluwemeer dibuat untuk memudahkan kapal-kapal kecil agar melintas dengan mudah.

3 dari 4 halaman

3. Pontcysyllte Aqueduct

Jembatan air satu ini dianggap sebagai situs warisan dunia di Inggris. Pasalnya terowongan ini dibuat sejak abad ke-19 dengan panjang 18 kilometer. Mulanya jembatan ini khusus dibuat untuk menghubungkan tambang batubara Denbigshire dengan kanal air nasional di Inggris, dari zaman Revolusi Industri.

Konstruksi bangunan jembatan air ini dibuat dengan mengggunakan 18 pilar yang memiliki ketinggian hingga 343 meter. Di bagian sisinya terdapat tempat untuk para pejalan kaki.

Saksikan Video Pilihan di Bawah ini: