Sukses

Meski Menjijikan, Makanan yang Dibuat dari Kotoran Ini Berkhasiat

Liputan6.com, Jakarta - Makanan yang kita konsumsi sudah semstinya bersih dari kotoran. Karena akan masuk ke mulut, makanan harus tetap terjaga kebersihannya agar kandungannya tetap bagus dan baik untuk tubuh kita.

Tapi, bagaimana kalau makanan yang dikonsumsi ternyata terbuat dari kotoran dan zat-zat pembuangan manusia. Mendengarnya saja sudah geli dan jijik, tapi ada lo sejumlah negara yang membuat hal itu.

Dikutip dari Merdeka, berikut beberapa makanan yang terbuat dari kotoran manusia. Katanya makanan ini dibuat karena mengandung khasiat untuk tubuh.

1. Ttongsul

Ttongsul merupakan arak tradisional dari Korea Selatan yang dibuat dari kotoran manusia. Namun, saat ini telah jadi minuman langka yang sudah jarang dibuat. Minuman ini diyakini memiliki banyak khasiat untuk kesehatan. Konon dapat menyembuhkan berbagai penyakit dan membantu penyembuhan patah tulang.

Menurut ahli pengobatan tradisional, Dr. Lee Chang Soo yang masih memproduksi ttongsul, minuman ini dapat diproduksi dengan dua cara. Cara pertama dengan memfermentasikan tinja dan alkohol dari sulingan air gandum selama berbulan-bulan. Cara kedua dengan proses fermentasi selama beberapa hari saja. Tetapi kualitasnya tak sebagus yang dibuat dalam waktu lama.

1 dari 3 halaman

2. Poopperoni

Rasa asam unik yang terdapat pada sosis, salami, dan pepperoni merupakan hasil fermentasi dari bakteri. Namun, keberadaan bakteri ini tak membuat daging olahan ini lebih sehat. Berangkat dari pemikiran ini, sejumlah ilmuwan lantas menciptakan pepperoni yang jauh lebih sehat. Caranya adalah dengan menambahkan bakteri dari kotoran manusia, tepatnya kotoran bayi.

Bakteri dalam kotoran bayi dinilai memiliki khasiat sehat untuk saluran cerna, bisa menjadikan pepperoni dan sosis sesehat yoghurt. Dilansir LiveScience, pepperoni yang dibuat dari bakteri kotoran bayi memiliki rasa yang sama dengan pepperoni biasa.

2 dari 3 halaman

3. Tong Zi Dan

Walaupun berbahan dasar telur, makanan eksotis asal Tiongkok ini dibuat khusus dengan campuran rebusan urine anak laki-laki. Tong Zi Dan dianggap memiliki khasiat yang bagus untuk para lansia.

Mereka mengklaim bahwa rebusan telur dengan urine tersebut dapat menghilangkan rasa sakit pada bagian pinggang, kaki dan sendi. Telur ini juga dapat menambah energi saat  bekerja.

Makanan ringan kegemaran masyarakat lokal di Provinsi Zhejiang ini telah dikonsumsi dari nenek moyang mereka. Yang katanya mampu menurunkan suhu tubuh dan melancarkan sirkulasi darah.

Reporter:

Desi Aditia Ningrum

Sumber: Merdeka.com

Saksikan Video Pilihan di Bawah ini:

Artikel Selanjutnya
Respons TGB Namanya Tak Ada di Daftar Cawapres Jokowi Versi Ketum PPP
Artikel Selanjutnya
Pemakaian Biodiesel 20 Persen, RI Hemat Devisa USD 5,5 Miliar