Sukses

Sering Salah, Begini Cara Mencuci Buah yang Tepat

Liputan6.com, Jakarta - Mengonsumsi buah memang menjadi salah satu cara diet bagi segelintir orang. Asupan vitamin dan nutrisi pada buah harus kita konsumsi karena diperlukan oleh tubuh.

Meski demikian, buah yang kerap kali kita konsumsi sering diperoleh dalam keadaan kotor, penuh dengan lilin yang digunakan agar kondisi buah tetap terlihat bagus, sampai dengan pestisida yang menempel.

Bukannya tubuh yang sehat setelah mengonsumsi buah, malahan sejumlah kimia serta penyakit justru masuk ke dalam tubuh yang menurunkan kesehatan. Hal tersebut memungkinkan terjadi apabila tak mencuci buah secara bersih.

Oleh sebab itu, buah penting untuk dibersihkan ataupun dicuci terlebih dahulu dengan air, sebelum dikonsumsi. Tapi apakah air saja cukup untuk membersihkan kotoran tersebut pada permukaan buah?

2 dari 3 halaman

Ada 3 cara yang umumnya dilakukan

Ada 3 cara yang biasa digunakan sejumlah orang untuk mencuci buah. Cara pertama biasanya hanya dibilas dengan air. Namun, tak sedikit juga orang-orang membersihkan buah dengan sabun yang mengandung klorin.

Lalu, cara ketiga yakni menggunakan soda kue. Bedasarkan hal yang diwartakan oleh Brightside, dari ketiga cara membersihkan buah yang umum dilakukan ada satu di antaranya yang mampu membersihkan pestisida pada kulit buah secara optimal.

Cara yang mereka rekomendasikan yakni mencuci dengan menggunakan soda kue, karena mampu menghancurkan pestisida dan racun kimia berbahaya pada permukaan buah.

3 dari 3 halaman

Begini cara yang baik mencuci buah

Untuk membersihkan buah dengan soda kue, cara yang biasa dilakukan yakni dengan meyiapkan satu sendok teh bubuk soda kue dan 1,5 liter air yang dituang dalam wadah besar. Campurkan bubuk soda kue ke dalam air, dan setelahnya masukan buah-buahan yang akan dicuci.

Rendam buah-buahan di dalam campuran air dan soda kue selama 12 menit. Sesudahnya bilas kembali hingga bersih. Akan tetapi, kamu juga penting mencuci tangan sebelum mengonsumsi buah. Bisa jadi pestisida dari buah yang belum dicuci menempel di tanganmu.

Itu dia cara mencuci buah dengan benar, mudah dan sehat, tidak sulit bukan?

*Pantau hasil hitung cepat atau Quick Count Pilkada Jabar, Jateng, Jatim, Sumut, Sumsel, Bali dan Sulsel di sini dan ikuti Live Streaming Pilkada Serentak 9 Jam Non Stop hanya di Liputan6.com.

Saksikan Video Pilihan di Bawah ini:

Artikel Selanjutnya
Camilan Sehat Teman Nonton Piala Dunia 2018
Artikel Selanjutnya
5 Tips Kembalikan Tubuh ke Rutinitas Sehari-hari Setelah Lebaran