Sukses

Selain Puasa, Ini Amalan Lain yang Bisa Dilakukan di Malam Nisfu Sya'ban

Tiga amalan ini bisa dilakukan pada malam nisfu sya'ban.

Liputan6.com, Jakarta - Nisfu sya'ban menjadi momen yang begitu dinantikan umat muslim. Hal ini lantaran saat itu diyakini tersebarnya banyak pahala. Tentu banyak dari kalian yang sudah tahu bahwa pada tahun ini, 1439 H atau 2018 M, nisfu sya'ban yang bertepatan dengan tanggal 13-15 Sya'ban jatuh pada Sabtu (28/4/2018) malam hingga Selasa (1/5/2018) sore.

Dikutip Dream.co.id, pada malam-malam nisfu sya'ban, Allah akan mengampuni dosa orang yang memohon ampunan, mengasihi mereka yang memohon kasih, menjawab setiap doa, meringankan penderitaan orang susah, dan membebaskan orang dari neraka.

Pada saat itu pula ada banyak amalan yang bisa kalian lakukan untuk mendapatkan pahala-Nya, selain berpuasa. Amalan pernah yang bisa kalian lakukan selain berpuasa adalah dengan membaca doa.

Jangan ragu untuk banyak membaca doa di malam nisfu sya'ban, karena telah dikatakan bahwa Allah SWT akan menjawab segala doa umatnya pada malam-malam itu.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Zikir

Amalan kedua yang bisa kalian lakukan pada malam nisfu syaban, yaitu perbanyak berzikir dengan lafal syahadat. Sayyid Muhammad bin Alawi menjelaskan;

"Seyogianya seorang muslim mengisi waktu yang penuh berkah dan keutamaan dengan memperbanyak membaca dua kalimat syahadat, La Ilaha Illallah Muhammad Rasululullah, khususnya bulan Sya’ban dan malam pertengahannya."

3 dari 3 halaman

Istighfar

Setelah doa dan zikir, kalian juga dianjurkan untuk banyak mengucap istighfar pada malam nisfu sya'ban. Hal ini bisa menjadi pembuka ampunan atas segala dosa-dosa yang telah dilakukan. Selain itu, istighfar juga dapat memudahkan rezeki, sebagaimana dijelaskan dalam Alquran dan hadis. Apalagi pada bulan Sya’ban pula dosa diampuni, kesulitan dimudahkan, dan kesedihan dihilangkan.

Reporter:

Ahmad Baiquni

Sumber: Dream.co.id

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.