Sukses

Berhenti Olahraga Rutin, 5 Hal Mengerikan Ini Terjadi pada Tubuhmu

Liputan6.com, Jakarta Olahraga secara rutin memiliki banyak manfaat terhadap tubuh. Selain membuat tubuh bugar dan mental sehat, olahraga rutin juga membuat Anda terhindar dari berbagai macam penyakit.

Nah, sebaliknya, apa yang terjadi bila Anda berhenti berolahraga secara rutin? Melansir dari Boldsky, ini dia.

1. Kadar gula yang meningkat

Ketika Anda tak lagi melakukan olahraga secara rutin, tingkat glukosa dalam tubuh akan meningkat. Level gula turun akibat jaringan dan otot yang menggunakan glukosa untuk menjadikannya energi.

Setelah berhenti berolahraga, tingkat gula dalam darah stabil selama 2-3 minggu. Setelah itu, barulah naik secara drastis. Bila Anda benar-benar tidak melakukan aktivitas apapun, kadar gula yang tinggi membuat Anda berisiko diabetes, masalah jantung, dan masalah tiroid.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 3 halaman

2. Tekanan darah naik

Saat Anda berhenti melakukan olahraga rutin, tekanan darah akan mulai naik. Pembuluh darah kemudian memperlambat gerakan dan mengakibatkan tekanan darah tinggi. Selama 3 minggu Anda tidak melakukan olahraga, arteri akan kaku dan vena menyulitkan sirkulasi darah.

3. Memengaruhi kinerja otak

Berhenti berolahraga secara rutin juga berdampak pada otak. Otak akan ikut mengalami penurunan kinerja. Sebagai gantinya, Anda pun akan mulai lambat berpikir dan bereaksi. Yang terburuk, Anda bisa kehilangan memori secara bertahap.

 

3 dari 3 halaman

4. Berat badan meningkat

Setelah berhenti berolahraga, tentu saja berat badan akan menjadi naik. Seiring lonjakan berat badan, Anda akan melihat tumpukan lemak di lingkar pinggang dan bagian lain dari tubuh Anda.

5. Perut makin buncit

Setelah Anda berhenti melakukan kegiatan olahraga yang biasanya rutin, tubuh juga akan mengalami perlambatan dalam proses penurunan berat badan. Efeknya, badan semakin lebar, perut pun buncit dan berlemak.

Reporter: Yoga Tri Priyanto

Sumber: Merdeka.com

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS