Sukses

Bayi Ini Lahir 4 Tahun Usai Orangtuanya Tewas, Kok Bisa?

Liputan6.com, Jakarta - Seorang bayi keturunan Tiongkok lahir setelah empat tahun orang tuanya tewas dalam kecelakaan mobil. Bayi bernama Tiantian ini lahir dari ibu pengganti yang menggunakan embrio yang dibekukan dari orangtuanya yang bernama Shen Jie dan Liu Xi.

Seperti melansir Mirror, orang tuanya disebut telah menjalani perawatan kesuburan ketika mereka berdua meninggal di kota timur Yixing, Tiongkok. Setelah pasangan itu meninggal, kakek dan nenek dari si bayi kemudian mengajukan dua tuntutan hukum untuk mendapatkan empat embrio yang telah dibuahi yang diproduksi oleh pasangan itu.

Akhirnya mereka menyewa ibu pengganti yang berasal dari Laos di Asia Tenggara, untuk melahirkan bayi itu. Ibu Liu Xi, Hu Xingxian berkata, “Dia selalu tersenyum. Matanya seperti putriku, tapi dia lebih mirip ayahnya secara keseluruhan.”

Hingga kini, nama lengkap bocah laki-laki itu tidak diketahui meskipun ia dijuluki 'Tiantian', yang berarti manis dalam bahasa Mandarin. Ia lahir pada Desember 2017, lebih dari empat tahun setelah orang tuanya meninggal pada Maret 2013.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kendala Hukum

Ayah Shen Jie, Shen Xinnan mengatakan bahwa ia hanya berencana untuk memberi tahu anak laki-laki itu apa yang terjadi pada orang tuanya ketika ia besar nanti dan sementara ini ia akan mengatakan bahwa orang tuanya tinggal di luar negeri.

"Tentu saja kami akan memberi tahu dia apa yang terjadi, pilihan apa yang kami miliki?" kata Shen.

Karena proses rahim pengganti sifatnya ilegal di Tiongkok, kakek-neneknya harus mencari bantuan ahli medis dari luar negeri. Mereka juga harus melawan pertempuran hukum karena Tiongkok tidak memiliki preseden bagi orang tua dari pasangan yang mewarisi embrio anak-anak mereka.

Diperkirakan bahwa si anak akan dibesarkan oleh kakek-neneknya. "Sudah pasti kami akan memberi tahu dia apa yang terjadi, pilihan apa yang kami miliki?” ulang Shen.

Penulis:

Dhita Koesno

**Jadilah bagian dari Forum Liputan6.com dengan mengirimkan artikel unik dan terkini melalui email Forum@liputan6.com

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.