Sukses

Ditipu First Travel, Nenek 75 Tahun Dapat Hadiah Umrah dari Warganet

Mak Upiak (75) harus menunda keinginannya ke tanah suci setelah ditipu oleh agennya. Namun, ia berhasil merealisasikan mimpinya setelah mendapat bantuan dari warganet

Liputan6.com, Jakarta Pergi ke tanah suci, merupakan hal yang diinginkan oleh banyak umat muslim. Pasalnya, menjalankan umrah dapat meningkatkan diri kita agar semakin mendekat kepada Allah. Hal itulah yang diinginkan oleh Mak Upiak (75) asal Sumatera Barat.

Wanita tua yang memiliki nama lengkap Yurnaini Niwin Jamek itu, sampai menjual kerbaunya agar ia bisa pergi umrah. Ia sudah bersusah payah mengumpulkan uang dan melunasi biaya umrahnya sejak 2016 yang lalu.

Di tahun 2017, seharusnya ia sudah bisa berangkat ke tanah suci. Namun hal ganjil terus terjadi. Keberangkatan Mak Upiak untuk pergi umrah selalu diundur dan ditunda hingga empat kali.

Hingga akhirnya, ia gagal umrah karena ditipu oleh agen umrohnya yakni First Travel. Kemalangan Mak Upiah diketahui oleh seorang warganet bernama Andri Zainal Kari.

Untuk mengabulkan keinginan Mak Upiah untuk berangkat umrah, Andri Zainal menggalangkan dana lewat situs kitabisa.com. "Mak Upiak, buruh tani, 75 tahun & berpostur bungkuk gagal berangkat umroh krn #FirstTravel. Usianya tidak mampu menunggu kasus First Travel selesai! #kitabisa," tulisnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Dibantu warganet untuk umrah

Warganet yang merasa tersentuh dengan kisah Mak Upiak berusaha untuk membantunya dengan memberikan donasi. Akhirnya bisa berangkat ke tanah suci berkat sumbangan dari sebagian warganet. "Alhamdulillah, atas bantuan semua pihak, akhirnya Mak Upiak bisa di berangkatkan ke tanah suci." tulis Andri Zainal Kari inisiator kampanye Bantu Mak Upiak ke Tanah Suci.

Mak Upiah sendiri merasa sangat terharu dengan donasi yang dikumpukan untuknya. Dengan bantuan para donatur, Mak Upiah akhirnya bisa berangkat umroh.

Seperti apa sih potret kebahagiaan Mak Upiah, berikut sejumlah foto yang dirangkum dari kitabisa.com, Rabu (28/3).

1. Mak Upiak di dapur rumahnya.

 

Gara-gara First Travel, nenek ini batal berangkat umrah, tapi tak lama netizen memberikan hadiah yang sudah lama diimpikan oleh sang nenek. (Foto: KitaBisa.com)

3 dari 5 halaman

2. Mak Upiah berangkat pada tanggal 13-24 Februari 2018 lalu.

4 dari 5 halaman

3. Bukti pembayaran umrah Mak Upiak.

5 dari 5 halaman

4. Mak Upiak saat menjalani umrah.

Reporter

Sumber: Brilio.net

Saksikan Video Pilihan di Bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.