Sukses

Mengapa Kucing Benci Air? Ini Jawabannya

Pernahkah kalian bertanya-tanya mengapa kucing benci air? ternyata ini alasannya...

Liputan6.com, Jakarta Terlepas dari kenyataan bahwa kucing merupakan hewan peliharaan yang susah untuk merawat diri sendiri, satu hal lagi yang sangat sulit dilakukan adalah membuat kucing mandi. Berbeda dengan anjing yang menyukai percikan air di setiap kesempatan, kucing adalah hewan yang benci air.

Lalu pernahkah kalian bertanya-tanya apa alasan mereka fobia pada air? Kucing sebenarnya diketahui binatang yang bisa berenang, namun dalam kebanyakan kasus mereka tidak suka masuk air karena hal itu dapat membuatnya kelelahan. Tapi ada penjelasan lain mengapa kucing tidak tahan basah.

Melansir Metro, kucing pertama kali dibesarkan untuk kehidupan rumah tangga, mereka dilindungi dari beberapa unsur oleh pemiliknya. Jadi kemungkinan mereka lebih menyukai berada di rumah daripada berada di jalanan becek apalagi di tengah hujan.

Ini berarti bahwa selama berabad-abad kucing hidup seperti manusia, memilih untuk menghindari basah dan itu terjadi karena kucing juga belum berevolusi untuk menemukan pengalaman sesuai dengan keinginan mereka.

Meski begitu, tidak semua kucing tampaknya membenci air. Kucing jenis Van Turki adalah pengecualian yang membuktikan ada kucing yang sangat suka berenang. Kucing jenis ini berasal dari wilayah Danau Van di Turki, di mana musim panas yang ekstrem mendorong kucing ke air untuk mendinginkannya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tips Mandikan Kucing

Jika kucing Anda tidak suka basah, tapi Anda perlu memandikannya (karena kotoran yang berlebihan, infeksi atau karena Anda ingin menginisiasi kucing), maka Anda perlu melakukannya dengan hati-hati. Tempatkan kucing di bak mandi kosong atau ember, lalu pastikan terlebih dahulu bahwa mereka merasa relatif tenang.

Kemudian, gunakan kain lembab dengan air hangat untuk meredam bulu kucing, sebelum perlahan mengisi bak mandi dengan air hangat. Jika Anda perlu menggunakan sampo pastikan Anda melakukan dua kali bilasan untuk memastikan tidak ada busa yang tertinggal di bulu, lalu keringkan kucing Anda dengan handuk lembut yang hangat. Selamat mencoba!

Penulis:

Dhita Koesno

**Jadilah bagian dari Forum Liputan6.com dengan mengirimkan tulisan unik dan terkini melalui email Forum@liputan6.com

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.