Sukses

Suka Susah Sinyal Saat Nonton Festival Musik? Ini Penyebabnya

Liputan6.com, Jakarta Jika kamu termasuk seseorang yang sering menghadiri festival musik, tentunya kamu sudah tidak asing lagi dengan permasalahan yang satu ini. Hilangnya sinyal merupakan masalah yang pasti ada pada setiap festival musik. Hal tersebut tentunya sangat mengganggu. Bayangkan jika kamu terpisah dengan temanmu di tengah kerumunan orang.

Namun, apa sebetulnya penyebab hilangnya sinyal di festival musik? Apakah karena banyaknya orang? Atau memang sinyal yang lemah?

1 dari 3 halaman

Base Transceiver Station (BTS)

Salah satu penyebab lemahnya sinyal di festival musik berkaitan dengan Base Transceiver Station (BTS). Melansir dari Techopedia, BTS atau juga biasa disebut sebagai base station (BS), radio base station (RBS) atau node b (eNB) adalah bagian dari peralatan jaringan yang memudahkan komunikasi tanpa kabel (wireless) antara perangkat dan jaringan. BTS sendiri terdiri dari antena yang menyampaikan pesan radio, transceivers, duplekser dan amplifier.

Base Transceiver Station sendiri memiliki fungsi sebagai penghantar sinyal menuju transmisi. Festival musik dalam ruangan yang memiliki BTS indoor akan mengantarkan sinyal ke BTS outdoor yang nantinya akan diteruskan menuju BTS controller dan ke pusat pengolahan data. Yang menyebabkan sinyal menjadi lemah adalah sedikitnya jumlah spektrum di seluruh dunia dan spektrum tersebut harus berbagi dengan beberapa provider.

2 dari 3 halaman

Berpindah Tempat Guna Mendapat Sinyal

Jika kamu benar-benar membutuhkan sinyal, kamu bisa berpindah ke tempat yang lebih sepi dan menjauh dari kerumunan. Hal tersebut akan membuat telepon genggammu lebih mudah mendeteksi sinyal dari BTS outdoor yang ada.

 

Penulis:

Nadia Donna

Reporter Sahabat Liputan6

Jadilah bagian dari Komunitas Sahabat Liputan6.com dengan berbagi informasi & berita terkini melalui e-mail: SahabatLiputan6@gmail.com serta follow official Instagram @sahabatliputan6 untuk update informasi kegiatan-kegiatan offline kami.

Artikel Selanjutnya
Jadi Nominee di iHeartRadio Music Awards, BTS Minta Maaf Tak Bisa Hadir
Artikel Selanjutnya
Mixtape J-Hope BTS Cetak Sejarah di Billboard 200