Sukses

Samsung Galaxy S9 Dirilis, Apa Bedanya dengan Samsung Galaxy S8?

Liputan6.com, Jakarta - Samsung S9 resmi diluncurkan pada Minggu (25/2/2018), di Barcelona, Spanyol, waktu setempat. Rilisnya smartphone flagship terbaru Samsung ini juga ternyata memiliki kemiripan dengan smartphone sebelumnya yang pernah dikeluarkan Samsung, yaitu Galaxy S8.

Namun, bagaimana dengan spesifikasinya? Apa saja perbandingan Samsung S9 dan S8?

Jika dilihat dari keseluruhan desain keduanya hampir serupa, mulai dari bentuk, letak kamera, layar dan lain-lain, seperti Samsung Galaxy S9 dan Galaxy S8 yang memiliki port charging USB-C, headphone jack, kamera depan, RAM, baterai, layar 5,8 incidan tombol Bixby yang sama.

Namun meski terlihat serupa, ternyata perbedaan antara keduanya juga cukup banyak, seperti berikut ini:

1. Letak pemindai sidik jari pada Samsung S9 yang berada di bawah kamera belakang. Sebelumnya, Samsung menempatkan fitur tersebut di samping kamera belakang, seperti yang ada diSamsung S8.

2. Galaxy S9 sebagai smartphone terbaru tentu dilengkapi dengan serangkaian peningkatan. Salah satunya kamera belakang. Kamera utama memiliki sensor yang sama yaitu 12 MP, tapi dilengkapi dengan aperture yang bisa mengambil gambar pada f/1,5 atau f/2.4.

3. Galaxy S9 juga memiliki chipset Snapdragon 845, sedangkan S8 dan Note 8 disokong versi 835. Dalam sebuah acara yang digelar oleh Qualcomm, pihak Cnet melakukan sebuah pengujian dengan hasil yaitu prosesor 845 lebih cepat 25 persen dari pada 835.

Untuk lebih lengkapnya, berikut kami sajikan perbandingan spesifikasi antara Samsung S9, Galaxy S8 dan Note 8, seperti dikutip dari Cnet, Senin (26/2/2018):

 

2 dari 3 halaman

Perbandingan Samsung S9, S8, dan Note 8

3 dari 3 halaman

Keunggulan Kamera Galaxy S9

Director of Product Marketing Samsung, Jonathan Wong, mengklaim kamera Samsung S9 dan S9 Plus memiliki kemampuan paling inovatif di masa ini. Keunggulan pertama yaitu memiliki dual aperture, yang bisa mengadaptasi berbagai kondisi cahaya saat memotret.

Ia mengibaratkan cara kerja dual aperture seperti melihat mata manusia.

"Mata manusia bisa beradaptasi dengan cepat sesuai dengan situasi dan kondisi pencahayaan. Begitupun dengan kamera Galaxy S9 dan S9 Plus," kata Jonathan di panggung acara pengumuman seri Galaxy S9.

Salah satu aperture Galaxy S9 adalah f/1.5, sehingga Galaxy S9 memiliki bukaan besar untuk mengakomodasi foto dalam kondisi minim cahaya. Kehadiran aperture besar ini diklaim merupakan kali pertama hadir pada smartphone, yang bertujuan menghadirkan fotografi low light lebih baik.

Aperture lain yang dimiliki Galaxy S9 adalah f/2.4, yang bisa dimanfaatkan pengguna agar tetap bisa memotret dengan baik dalam kondisi cahaya normal.

Keunggulan kedua pada kamera Samsung S9 adalah fitur perekaman super slow-motion, yang dapat menghasilkan video 960 frame per second (fps) dengan resolusi 1.080 piksel.

Berbekal fitur perekaman super slow-motion ini, Galaxy S9 bisa mengakomodasi kebutuhan pengguna untuk merekam momen yang terjadi cepat, sehingga bisa dinikmati dan ditampilkan dengan efek lambat dramatis. Selain itu, perekaman sebuah momen cepat 0,2 detik, bisa menjadi enam detik.

Perekaman dengan efek super slow motion pada Samsung S9 dan Galaxy S9 Plus bisa dilakukan multi-capture hingga 12 kali.

Keunggulan ketiga kamera Samsung adalah teknologi Augmented Reality (AR) pada kamera yangdirealisasikan menjadi My Emoji. Pengguna yang menggunakan fitur My Emoji, bisa menjadikan fotonya menjadi emoji dalam bentuk GIF atau stiker. Emoji-emoji ini bisa dikirim melalui pesan instan.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini: