Sukses

Bak di Film, Pria Ini Selamat Usai Tinju Hiu yang Memangsanya

Liputan6.com, Jakarta Seorang pria yang sedang melakukan snorkeling hampir saja kehilangan kakinya saat diserang seekor hiu di Kepulauan Galapagos, Ekuador. Beruntung ia berhasil lolos setelah berulang kali meninju wajah predator laut yang mengerikan itu.

Andrew Newman, seorang manajer periklanan berusia 45 tahun asal Inggris mengalami patah tulang dan otot ligamennya hampir terputus saat hiu setinggi 13 kaki itu menyerang serta membenamkan rahangnya ke kaki kanannya.

"Saya memiliki ketakutan jangka panjang akan hiu dan air setelah saya melihat film 'Jaws' dan 'The Beach'. Ketika hiu itu menancapkan giginya ke kakiku, di kepala saya langsung mengingat film itu,” kata Newman seperti dilansir Fox News. Saat penyerangan terjadi, Newman berada pada akhir liburannya di kepulauan Galapagos.

"Awalnya kami melihat hiu kecil di bagian bawah serta banyak anak singa laut dan kura-kura, pemimpin kami berkata 'ini adalah aktivitas terakhir sepanjang liburan,' jadi kami kembali untuk membuat film yang lebih banyak tentang singa-singa laut, tapi ketika sampai di sana, sepertinya sang ayah hiu marah dan menyerang," katanya.

 

1 dari 3 halaman

Meninju Hiu Tersebut

"Dalam semenit saat berada di dalam air saat aku berenang ke bebatuan ada semacam penjepit di sekitar kakiku. Saya langsung mengira itu adalah teman yang bercanda karena saya telah menghabiskan banyak waktu untuk meraih kaki orang lain sebagai lelucon dan saya pikir mereka juga akan melepaskan pegangannya di kaki saya," tambah Newman. Namun saat Newman melihat ke belakang, mata hiu itu berjarak hanya sekitar tiga meter darinya.

"Saat itulah saya berbalik dan kaki saya berada di mulut hiu, matanya tidak lebih satu meter dari saya, Kepala hiu itu besar dengan mata putihnya, kami hanya saling menatap dengan seluruh kaki saya berada di mulutnya, dan dia tidak mau melepaskannya," jelas Newman.

Newman pun merasa sangat ketakutan, tapi langsung sadar dan berusaha menyelamatkan diri dengan meninju wajah hiu sebanyak 4 hingga 5 kali hingga hiu itu mau melepaskan gigitannya.

"Setengah kaki saya terlihat seperti menggantung, saya tidak merasa sakit saat melihat tulang dan tendon saya, saya bisa melihat darah yang terus keluar, dan saat aku memejamkan mata, yang bisa kulihat hanyalah mata putih hiu dan kakiku di mulutnya,” ujarnya.

2 dari 3 halaman

12 Jahitan

Sesama perenang yang melihat kejadian langsung menyeret Newman ke beberapa batu di dekatnya. Newman pun kemudian harus menempuh perjalanan selama tiga jam ke rumah sakit terdekat serta mengatasi rasa sakit yang luar biasa dengan siraman tequila dan mojito di kakinya.

"Dari seluruh perjalanan, inilah yang saya takutkan untuk hidup saya, saya tidak tahu apakah masih bisa menahan sakit di beberapa jari kaki dan tidak tahu apakah saya kuat menghadapi amputasi," katanya.

Sampai di rumah sakit, Newman melihat dokter menjahit tendonnya dan melapisi kakinya dengan plester untuk mengatur ulang patah tulang di kakinya. Dia juga menerima 12 jahitan di kakinya dan kemungkinan akan melakukan pembedahan ketika sampai di Inggris.

Serangan hiu lainnya baru-baru ini juga sempat menjadi berita utama. Disebutkan bahwa seorang surfer dari Hawaii mendapatkan luka besar di kakinya setelah diserang hiu pada Malam Tahun Baru lalu.

 

Penulis:

Dhita Adhitya

**Jadilah bagian dari Forum Liputan6.com dengan berbagi informasi terbaru dan unik melalui email: Forum@liputan6.com 

Artikel Selanjutnya
Wow, 8 Ekor Hiu Paus Menyapa Warga di Perairan Gorontalo
Artikel Selanjutnya
2 Ekor Hiu Paus Terlihat Lagi di Gorontalo, Warga Tebar Udang