Sukses

Air Es Bisa Bikin Tubuh Cepat Gemuk, Mitos atau Fakta?

Liputan6.com, Jakarta Pernahkah kamu mendengar seseorang yang mengatakan "jangan minum air es, nanti gendut" atau "jangan minum air es, nanti perutmu buncit". Apakah kamu percaya dengan pernyataan itu? Mitos atau fakta?

[bacajuga: Baca Juga] (3247377 3259197 3244498)

Pernyataan itu muncul saat kamu makan makanan berlemak dan minum air es. Kamu akan berpersepsi, lemak dalam tubuh akan ikut membeku dan membuat tubuh kita gemuk dan perut buncit. Apa benar demikian? Berikut penjelasannya.

Bila kamu minum air es atau hangat, maka air yang kamu minum akan menyesuaikan suhu tubuhmu. Jadi, pernyataan itu tidak benar.

Akan tetapi, air es benar bisa membuat tubuhmu gemuk, jika dicampur dengan soda atau gula, misal seperti sirop, es krim, coca cola, dan lainnya. Hal ini karena minuman itu mengandung kalori yang tinggi.

1 dari 2 halaman

Membakar Kalori

Beberapa ahli kesehatan mengatakan, udara jauh lebih bermanfaat dibandingkan dengan udara biasa. Misal setelah olahraga, udara es atau dingin akan membantumu menurunkan suhu tubuh yang naik saat berolahraga dan menjadi normal kembali.

Tidak hanya itu, air es yang masuk ke tubuh kita akan lebih banyak dibanding kalori biasa. Oleh karena itu, air es dapat membantu proses dietmu. Namun, ingat konsumsilah dengan wajar.

Jadi, air es yang buat kamu gemuk atau perut buncit ya mitos. Namun, kalau kamu mencampurnya dengan gula dan soda, jadilah penumpukan kalori dalam tubuh yang membuat gemuk dan perutmu buncit.

 

Penulis:

Fany Zahra

Universitas Bhayangkara Bekasi

Jadilah bagian dari Komunitas Sahabat Liputan6.com dengan berbagi informasi & berita terkini melalui e-mail:  SahabatLiputan6@gmail.com  serta ikuti official Instagram  @ sahabatliputan6  untuk update informasi kegiatan-kegiatan offline kami.

Artikel Selanjutnya
Tak Hanya Tampan, Guru Matematika Ini Jago Menerangkan Materi
Artikel Selanjutnya
Lihai Parodikan Girlband Korea, 4 Bocah Asal Thailand Ini Viral