Sukses

Dengan Rp 40 Juta, Kamu Bisa Ubah Jasad Jadi Berlian

Liputan6.com, Jakarta Ada beragam cara yang bisa dipilih banyak orang untuk melakukan pemakaman. Dikubur, sampai dengan dikremasi merupakan cara pemakanan yang umum dilakukan.

Namun, ada cara unik lainnya yang dapat kamu lakukan untuk melakukan pemakaman yakni mengubah jasad menjadi berlian.

Jika kamu telah wafat, kamu masih bisa berada di samping orang-orang terdekatmu dengan menjadi sebuah berlian yang bisa dikenakan sebagai aksesoris atau bisa disimpan.

Sejumlah artis Hollywood memilih cara ini agar jasad mereka bisa dikenang hingga waktu yang lama oleh keluarga. LifeGem, merupakan salah satu perusahaan asal Algordanza di Swiss Timur yang menawarkan layanan tersebut.

Mereka mengumpulkan karbon yang tersisa dalam jasad kita untuk kemudian diubah menjadi berlian. Lifegem mengklaim bahwa proses pembuatan berlian dari jenazah kita melalui prosedur yang alami seperti berlian yang kita temukan di alam.

 

1 dari 3 halaman

Proses pembuatannya

Berlian normal biasanya akan melalui proses pemanasan dan tekanan yang tinggi diterapkan dengan menggunakan karbon. Karbon sendiri ternyata bisa ditemukan pada abu manusia. Oleh karena itu, Lifegem menempatkan jasad manusia melalui mesin yang dapat mengikuti proses kompresi seperti halnya berlian.

Lifegem biasanya menggunakan 500 gram abu manusia, untuk diubah menjadi berlian dengan melalui proses 15 teknologi canggih dari mesin mereka.

Potasium dan kalsium yang berasal dari 85% abu manusia, sebelumnya dipisahkan dari karbon. Pada bagian karbon, akan melalui proses pemanasan serta tekanan tinggi mencapai 1.700°C. Hal ini dilakukan agar mengubah dan mengompres abu menjadi sebuah grafit.

Grafit yang telah melalui proses pemanasan dan tekanan tinggi dapat menjadi berlian ketika mengeras. Proses pembuatan berlian ini memakan waktu 6-8 minggu secara keseluruhan.

Perbedaan dengan berlian alami, mereka membutuhkan waktu lebih dari ribuan tahun untuk terbentuk. Sedangkan Lifegem tak membutuhkan waktu yang lama.

 

2 dari 3 halaman

Selanjutnya

Dari proses itu abu dan jasad kita bisa diolah menjadi sebuah berlian. Batu tersebut kemudian akan dipoles, diukir dan bisa disatukan dengan cincin, kalung ataupun anting. Hal ini bisa ditujukan langsung kepada orang terdekatmu agar bisa dikenakan.

Namun untuk melakukan tahapan ini, kamu perlu menyiapkan uang yang cukup besar. Lifegem memperkirakan range harga yang berkisar antara $3,000 - $20,000 atau setara dengan 40 juta hingga 271 juta rupiah.

Meskipun demikian, Lifegem mengaku bahwa pemintaan terbanyak mereka berasal dari negara Tiongkok dan Jepang. Selain itu, setiap abu jasad manusia yang mereka gunakan biasanya memiliki warna-warna berbeda dalam berlian yang mereka buat.

Walaupun begitu jasadmu bisa menjadi kenang-kenangan berharga bagi orang yang kamu cintai atau kamu sayangi.

Bagaimana menurutmu? Apa kamu tertarik untuk melakukan proses pemakaman dengan cara seperti ini?

Artikel Selanjutnya
Beri Istri Uang Belanja Rp 5 Ribu, Suami Minta Dimasakkan Opor Ayam
Artikel Selanjutnya
Kelewat Cinta, Pria Bikin Buket Uang Senilai Rp 738 Juta untuk Pacarnya