Sukses

Bawah Bantal hingga Bra, Ini 6 Tempat Terlarang Meletakkan Ponsel

Ada beberapa tempat yang tidak boleh menjadi tempat meletakkan ponsel, di mana saja dan kenapa?

Liputan6.com, Jakarta Ponsel telah menjadi bagian dari kebutuhan manusia modern. Sangat sulit menemukan seseorang yang tak menggunakan ponsel saat ini.

Saking terikatnya dengan ponsel, ada yang membawa ponsel ke mana-mana, bahkan ke kamar mandi dan tempat tidur. Padahal, meletakkan ponsel di beberapa tempat berikut dapat berbahaya bagi tubuh. Apa saja?

1. Kantong belakang

Banyak orang yang merasa nyaman membawa ponsel di saku belakang celana. Tapi dengan memilih tempat ini, kita bisa menghadapi masalah-masalah berikut ini:

Layar sentuh ponsel seringkali reaksinya bisa melebihi dari sentuhan jemari. Ini pula yang membuat sebanyak 30% tak sengaja melakukan panggilan darurat ke 911.

Sakit di perut dan kaki juga sering menjadi konsekuensi menaruh ponsel di saku belakang celana.

Ini juga membuat Anda dengan mudah kehilangan ponsel atau memecahkan layarnya karena tak sengaja terduduki.

2. Bra

Meski dalam dunia kedokteran masih belum ada kepastian apakah radiasi ponsel bisa menyebabkan kanker, menurut beberapa ilmuwan, meletakkan ponsel di bra dapat meningkatkan risiko kanker payudara.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

3. Kantong depan

Kebanyakan pria malas membawa tas dan merasa lebih nyaman meletakkan ponsel di saku depan. Tapi, ini sesungguhnya berpengaruh terhadap kesehatan mereka. Studi membuktikan rasiasi elektromagnetik telepon dapat memengaruhi kualitas dan kuantitas sperma. Semakin lama ponsel disimpan di celana, makin tinggi risikonya.

4. Di pinggul

Menurut penelitian, membawa ponsel di dekat paha dapat melemahkan tulang pinggul. Jadi, sudah seharusnya meletakkan ponsel di tas untuk menjaga kesehatan Anda.

3 dari 3 halaman

5. Di dekat kulit

Jangan taruh ponsel terlalu dekat dengan kulit Anda. Hal ini dikarenakan bakteri dari layar ponsel dapat ditransfer ke kulit wajah. Tambahan lagi, dengan cara ini radiasi elektromagnetik menjadi makin dekat ke tubuh. Biasakan memberi jarak minimal 0,5-1,5 cm antara ponsel dengan kulit.

6. Di bawah bantal

Jangan pernah simpan ponsel di bawah bantal. Ada beberapa alasan untuk ini:

Pada malam hari, notifikasi sering masuk dan membuat layar bersinar. Cahaya ponsel tersebut dapat memengaruhi produksi melatonin dan akan menyebabkan masalah sulit tidur.

Dalam jangka waktu yang lama, radiasi elektromagnetik dapat menyebabkan sakit kepala dan pusing.

Seringkali terjadi kasus ledakan telepon dan kebakaran. Saat menutup ponsel dengan bantal, Anda meningkatkan kemungkinan ini.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.