Sukses

5 Penampakan Menakjubkan yang Terekam Google Earth

Liputan6.com, Jakarta - Google Earth memang menjadi aplikasi yang membantu manusia untuk menemukan suatu tempat yang ada di seluruh dunia dari layar ponsel pintar atau komputer.

Melalui Google Earth, kita bisa melihat suatu tempat, bahkan rumah kita sendiri dari kejauhan. Ketika akan melakukan traveling, Google Earth sangat baik dibuka untuk menentukan ke mana saja kita akan pergi.

Namun, dari sekian banyak tempat dan gambar yang disajikan Google Earth, ada beberapa gambar yang membuat orang bertanya-tanya, bahkan menimbulkan kontroversi. Berikut beberapa gambar menakjubkan yang berhasil ditangkap Google Earth.

1. Nasca Line, Peru

Nasca Line merupakan sebuah geoglyph, yaitu sebuah gambar di atas tanah yang lebih dari 4 meter.

Nasca Line menjadi perdebatan yang tujuan dan asal pembuatnya masih menjadi sebuah misteri hingga sekarang. Garis ini membentang sebesar 450 kilometer persegi.

2. Grand Prismatic Spring, USA

Grand Prismatic Spring merupakan sumber air panas yang terbesar di Amerika Serikat. Dilihat dari Google Earth, sumber air panas ini memiliki warna yang menawan. Merah, oranye, kuning, hijau dan biru, merupakan warna yang mendominasi di sumber air panas ini.

3. Kawah Meteor, USA

Kawah terbentuk sekitar 50 ribu tahun yang lalu pada zaman Pleistosen. Kawah ini berdiameter 1.186 meter dan memiliki dalam 170 meter. Selama 1960 hingga 1970, kawah ini dijadikan NASA sebagai tempat latihan para astornot untuk mempersiapkan misi Apollo ke bulan.

 

 

 

2 dari 2 halaman

4. Monster Laut, Selandia Baru

Google Earth menangkap gambar aneh di timur laut Selandia Baru. Seekor makhluk panjang yang membentang seperti ular menimbulkan tanda tanya bagi orang yang melihatnya. Banyak yang berspekulasi bahwa makhluk tersebut memang seekor monster, tapi ada juga yang mengklaim bahwa itu terbentuk dari ombak ataupun ilusi.

5. Pulau Hantu

Pulau Hantu atau Pulau Sandy bisa di temukan dekat New Caledonia melalui Google Earth. Pulau ini berbentuk lonjong, tapi berwarna hitam gelap. Pulau ini disebut pulau hantu karena hanya bisa dilihat dari Google Earth. Jika kita mencarinya, pulau tersebut tidak akan pernah bisa ditemukan selain hamparan laut luas.

Penulis:

Reza Sugiharto

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini: