Sukses

Kerja Sama GE Indonesia Tingkatkan Budaya Baca di Lombok

Bersama Sudut Lombok, proyek ini dilakukan untuk meningkatkan minat baca di Lombok

Liputan6.com, Lombok - Sebagai bagian dari upaya berkelanjutan dalam membangun masyarakat, tim relawan yang terdiri dari 40 karyawan GE Indonesia berpartisipasi dalam sebuah proyek jangka panjang untuk meningkatkan minat membaca dan belajar anak-anak di desa-desa terpencil di Lombok, Nusa Tenggara Barat. 

Proyek tersebut, yang didukung oleh Komunitas Sosial Sudut Lombok, bertujuan untuk menyediakan kesempatan belajar dan akses membaca bagi anak-anak di desa-desa terpencil di Lombok. Upaya ini dilakukan melalui gerakan “1000 Buku untuk Lombok” yang dilakukan oleh Komunitas Sudut Lombok yang bertujuan tidak hanya menyediakan buku-buku namun juga fasilitas dan infrastruktur seperti perpustakaan kecil bagi masyarakat. 

Sebagai bagian dari kemitraan dengan Sudut Lombok, GE Indonesia memberikan donasi kepada gerakan “1000 Buku untuk Lombok”. Selain itu, GE Volunteers mengadakan sesi bercerita dan belajar melalui permainan bagi lebih dari 100 murid. Kegiatan ini dilakukan di Desa Apitaik, Kecamatan Pringgabaya di Lombok Timur. 

Andriawan Abdi, Founder dan Chairman, Sudut Lombok berkata, “Salah satu hal yang membedakan antara negara maju dan negara berkembang adalah budaya membaca. Di negara-negara maju, budaya membaca telah tertanam kokoh namun di negara-negara berkembang seperti Indonesia, budaya membaca masih sangat rendah, terutama di desa-desa terpencil. Keadaan ini perlu kita sadari karena budaya membaca yang tinggi akan memberikan pengetahuan baru yang dapat memberikan banyak pengaruh positif bagi masyarakat.” 

Handry Satriago, Chief Executive Officer GE Indonesia berkata, “Prinsip ‘volunteerism’ atau kesukarelaan telah menjadi bagian dari budaya GE sejak lebih dari seratus tahun perusahaan ini berdiri. Kegiatan-kegiatan sosial seperti gerakan “1000 Buku untuk Lombok” merupakan bagian dari kegiatan GE Volunteers secara reguler. Setiap tahunnya, total lebih dari satu juta jam kerja dialokasikan karyawan GE di seluruh dunia untuk melakukan kegiatan sosial.” 

Handry menambahkan, “Teknologi pembangkit listrik bergerak GE pada power plant PLN di Jeranjang membantu menambah kapasitas pembangkit listrik sebesar 50 MW di Lombok, yang merupakan bagian dari program listrik pemerintah. Kami senang bermitra dengan Komunitas Sudut Lombok terkait proyek ini, dan kami optimistis hal ini akan membawa manfaat jangka panjang bagi masyarakat Lombok.”

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini