Sukses

Jarak Pagar Tanaman yang Bisa Jadi Obat Sekaligus Racun Mematikan

Liputan6.com, Jakarta Jatropha curcas atau yang biasa kita kenal dengan jarak pagar memang sudah ada sejak zaman nenek moyang kita. Tumbuhan yang dikenal sangat tahan kekeringan dan mudah diperbanyak dengan stek ini, ternyata sudah terkenal di Indonesia. Bahkan, penyebutan nama tanaman ini di setiap daerah di Indonesia juga berbeda-beda.

Di Sunda dikenal dengan istilah jarak budeg, di Jawa dikenal dengan istilah jarak pagar, di Madura dikenal dengan istilah kalkhe paghar, di Sulawesi dikenal sebagai jarak wolanda, jarak bindalo, jarak bintalo, dan di Maluku dikenal sebagai kadoto. Di balik sebutan nama yang sangat banyak, tanaman jarak pagar juga memiliki manfaat yang luar biasa, salah satunya yaitu sebagai penghasil biodiesel. Nah, berikut ini adalah manfaat-manfaat yang terdapat pada tanaman jarak pagar.

1. Di Bidang Farmasi dan Medis


Minyak jarak biasa diresepkan sebagai obat minum untuk merangsang buang air besar. Di buku-buku kuno, minyak ini dikenal dengan nama minyak kastroli. Minyak kastroli biasannya dipakai untuk menyuburkan rambut. Penelitian terakhir di bidang medis menunjukkan racun dari biji jarak juga mempunyai potensi untuk obat pembasmi sel-sel kanker.

2. Di Bidang Pertanian


Jarak tergolong tanaman beracun. Khususnya jarak kaliki, bijinya mengandung racun yang berbahaya yang dinamai ricin. Sepanjang sejarah ricin dikenal sebagai racun pembunuh yang sangat ampuh. Karena sangat ampuh untuk membunuh, racun ini dimanfaatkan dalam dunia pertanian sebagai pestisida alami. Dibandingkan dengan pestisida sintesis, biopestisida jarak punya kelebihan antara lain dapat dibuat sendiri, murah, dan dapat terurai di alam.


3. Di Bidang Lingkungan


Jarak pagar merupakan tanaman yang cocok jika ditanam di lahan kering. Dengan demikian, tanaman ini dapat dimanfaatkan untuk memperbaiki lahan-lahan kritis, menunjang usaha konservasi lahan, dan menghijaukan kembali hutan yang gundul.

Jarak pagar juga dapat ditanam di lahan kering dan miring, karena akar jarak pagar yang dapat menutupi permukaan dan mencengkram tanah dan efektif menyimpan air sehingga dapat mencegah terjadinya erosi. Para petani di lahan pasir Pantai Samas Yogyakarta menenam jarak pagar sebagai batas petak lahan. Selain sebagai batas petak lahan, jarak pagar juga berfungsi untuk melindungi tanaman dari hempasan angin dari laut yang bercampur pasir.

2 dari 2 halaman

Selanjutnya

4. Di Bidang Industri dan Otomotif


Di bidang industri dan otomotif, minyak kastroli dipakai sebagai campuran dalam pembuatan sabun, lotion, produk-produk kosmetik, cat, dan plastik. Selain itu, minyak kastroli atau castro oil dipakai sebagai pelumas kendaraan bermotor. Salah satu merek dagang yang sangat terkenal yaitu Castrol. Nama Castrol sendiri diambil dari castro oil sebagai komponen utamanya.

5. Di Bidang Kesehatan


Banyak sekali manfaat tanaman jarak pagar dalam bidang kesehatan antara lain untuk menyembuhkan keputihan pada lidah bayi. Untuk mengatasi keputihan pada lidah bayi kita bisa memanfaatkan getah daun jarak pagar. Hanya dengan mengoleskan getah yang ada pada daun ke lidah bayi maka keputihan akan keluar bersama air liur. Jarak pagar juga dapat menyembuhkan sariawan.

Getah yang terdapat pada daun jarak pagar langsung dioleskan di bibir yang sedang sariawan dan tunggu beberapa hari untuk hasilnya. Perut kembung dan masuk angin juga bisa disembuhkan dengan daun jarak pagar ini. Caranya, petik beberapa daun jarak pagar yang sudah tua kemudian disiangi di atas nyala api biar agak layu dan olesi dengan minyak kayu putih. Setelah itu tempelkan pada bagian bawah perut dan biarkan beberapa jam. Daun jarak pagar juga dapat di kukus untuk obat susah BAB.

6. Sebagai bahan bakar alternatif


Biji jarak pagar mengandung rendemen minyak nabati sebesar 35-45%. Minyak dari biji jarak pagar dihasilkan dari daging buah 75% dan kulit sebesar 25%. Minyak jarak pagar mengandung trigliserida sebesar 94%. Minyak mentah jarak pagar dapat langsung digunakan setelah melalui tahap ekstraksi. Biasanya digunakan sebagai pengganti atau dicampur dengan minyak tanah untuk menghasilkan api.

Minyak jarak pagar dapat digunakan pada kompor minyak, lampu petromaks, dan lampu tempel. Minyak jarak yang diesterifikasi dengan menggunakan metanol dapat digunakan sebagai bahan pengganti solar (biodiesel). Biodiesel hasil pengolahan minyak jarak pagar memiliki kelebihan dibandingkan dengan solar. Biodiesel memiliki nilai setana yang lebih tinggi sehingga pembakaran sempurna dan biodiesel ini ramah lingkungan.

Itulah beberapa manfaat jarak pagar, yang mana manfaat dari tanaman ini sangat banyak sekali, terlebih sebagai bahan bakar alternatif.

Penulis:

Abimanyu Satriyo Wicaksono


Universitas Diponegoro

 

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini.

 

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6.