Sukses

Kreatif, Ibu-Ibu Ini Sulap Tali Pusar Bayi Jadi Perhiasan Mewah

Tali pusar bayi disulap jadi perhiasan yang lucu.

Liputan6.com, Jakarta Beragam kepercayaan menyelimuti seutas tali pusar bayi. Usus yang berfungsi sebagai penyalur makanan ketika bayi masih di dalam kandungan memiliki arti penting di masing-masing kebudayaan. Oleh karena itu, perlakuan orangtua terhadap tali pusar bayi juga beragam.

Di Indonesia, khususnya Jawa, tali pusar bayi biasanya dimasukkan ke dalam kendi bersama ari-ari yang keluar menyertai bayi. Ada yang dikubur dan ada yang ditaruh di sudut rumah dan disinari lampu. Pada intinya, tali pusar bayi tidak boleh dianggap remeh.

Dilansir Mirror.co.uk, kini ada ragam perlakuan orang tua yang menjadikan tali pusar bayi menjadi perhiasan atau aksesori. Layaknya tali pada umumnya, tali pusar bayi dibikin menjadi gelang, kalung, serta aksesori lain berbentuk lucu dan jauh dari kesan menjijikkan.

 

I've recently seen several sources promoting DIY placenta encapsulation, utilizing an oven as a heat source instead of a dehydrator. I'm all for saving money, but in situations where it's *practical.* Above, the picture on the left shows an umbilical cord that was heated in an oven on the lowest setting. The picture on the right is an umbilical cord that was placed in a dehydrator. See the difference? Now imagine what your oven is doing to the hormones and nutrients in the placenta. Burning it slowly to a crisp *isn't* dehydrating it, and that's just the blunt reality. If you want to encapsulate yourself, supplies will run you close to $200 if you don't yet have a dehydrator. When you start getting into dosage, safety protocols, how long to dehydrate it, etc, there are many simple mistakes that can very quickly ruin your placenta and/or make you ill. But most importantly, to reap the biggest benefit, you need to start taking them by day 3 or 4 at the latest. That means you would have to go straight home and work to have it done by then, thus not spending that time with your newborn baby on your chest, not laying down resting (thus prolonging your healing), etc. $275 divided over 9 months is $30/month. Rest and recover with your baby. Let us do the dirty work and pamper you during this sacred time. ❤️ Blissfulwomb.com

Foto kiriman Blissful Womb Birth Services (@blissfulwomb) pada


Sekumpulan ibu-ibu dari seluruh dunia membuat komunitas di media sosial Facebook dengan nama Mirror Mums Facebook. Isinya, seputar konsultasi bagaimana mengabadikan tali pusar bayi dan ragam contoh tali pusar bayi yang telah disulap menjadi aksesori yang jauh dari kesan menjijikkan.

Sehingga, orang tua bisa menyimpan dan menghargai tali pusar bayi tidak hanya sebagai mitos. Namun juga bernilai seni yang tinggi.

 

#umbilicalcordkeepsake 💕💕 came out perfectly

Foto kiriman Justyna Czort (@doulamoonyeg) pada

Pada contoh gambar di atas misalnya, tali pusar bayi dikeringkan kemudian diberi aneka warna sesuai selera. Jika diamati, tali pusar bayi itu membentuk tulisan, "Love". Ada juga yang membentuknya menjadi lambang cinta berbentuk hati.

Bagaimana Anda tertarik menirunya. Kunjungi laman Facebook Mirror Mums Facebook dan temukan kreasi unik dari tali pusar bayi.

(War)

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini