Sukses

Ilmuwan Temukan Ubur-ubur Baru dari Palung Terdalam di Dunia

Ubur-ubur jenis baru ini ditemukan di Palung Mariana, palung terdalam di dunia

Citizen6, Jakarta - Ahli Biologi Kelautan dan National Oceanic and Atmospheric Administration (NOAA) yang melakukan ekspedisi bersama di Palung Mariana mengaku menemukan spesies ubur-ubur baru yang tak pernah terlihat sebelumnya. Berdasarkan laporan Scientific American, diyakini bahwa ini merupakan pertama kalinya manusia melihat ubur-ubur merah-kuning bercahaya ini.

Ubur-ubur cantik ini terlihat selama penyelaman keempat di tahun 2016 dalam Ekspedisi Laut Dalam Mariana pada tanggal 24 April 2016. Palung Mariana merupakan palung terdalam di dunia. Tak heran, ubur-ubur ini baru ditemukan setelah dilakukan penjelajahan di 3.700 meter di bawah laut.

-

Ilmuwan mengidentifikasi hewan transparan ini sebagai bagian dari genus Crossota. Dengan dua set tentakel, pendek dan panjang, ubur-ubur ini terlihat cantik saat berenang. Malahan diperkirakan tentakel milik ubur-ubur ini dapat diperpanjang melebihi panjang tubuhnya sendiri.

Sementara itu, bagian tubuh ubur-ubur ini yang tampak seperti bel, berisi kanal-kanal radial dengan warna merah. Kanal kemerahan itu menghubungkan titik-titik berwarna kuning cerah yang diperkirakan merupakan gonad atau kelenjar kelamin si ubur-ubur. Untuk mengikuti ekspedisi NOAA, Anda dapat menonton videonya di sini.

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini