Sukses

Ini Kebohongan-kebohongan yang Disembunyikan Fotografer Makanan

Ternyata, di balik foto-foto indah makanan yang dibuat oleh fotografer makanan profesional, terdapat kebohongan yang mereka simpan.

Citizen6, Jakarta - Fotografer makanan memiliki banyak trik yang digunakan untuk membuat makanan, atau apa yang tampaknya menjadi makanan, terlihat menarik di depan kamera. Trik-trik mereka terungkap dalam sebuah proyek foto yang berjudul 'Faking It.' 

Dilansir dari Petapixel.com, Selasa (12/04/2016), Art Director Sandy Suffield, fotografer Dan Matthews, serta penata makanan Jack Sargeson meluncurkan seri berisi foto makanan yang menunjukkan rahasia foto makanan.

Tiap foto, menunjukkan persiapan-persiapan di balik layar yang dilakukan sebelum mengambil foto makanan. Dalam seri foto tersebut, akan terlihat satu makanan yang tampak lezat, diatur dengan indah serta latar belakang yang bagus. Sementara di sampingnya, Anda akan melihat hal-hal aneh dan benda-benda tak biasa yang digunakan untuk membuat tampilan terlihat menarik.

1. Es krim sering difoto menggunakan kentang tumbuk yang dicampur lemak babi, gula bubuk, serta pewarna makanan agar tampak indah.

- 

2. Agar terlihat mekar dan sedikit berdebu, buah anggur diberi sentuhan bedak. Semuanya disatukan dalam bentuk yang diinginkan dengan menggunakan tusuk gigi dan senar untuk memancing.

- 

3. Kue dihiasi dengan cat semprot dan krim yang sebenarnya tidak bisa dimakan, sebab krim asli cepat mencair di bawah lampu studio.

- 

4. Oli motor digunakan untuk membuat daging terlihat mengilap, semir sepatu ditambahkan untuk menggelapkan daging yang terlihat terlalu merah, serta hairspray digunakan untuk membuat wortel terlihat lebih mengilap.

- 

5. Bukannya susu, fotografer menggunakan lem PVA untuk membuat makanan terlihat indah. Susu sebenarnya akan membuat makanan terlihat benyek.

- 

6. Anggur dan sampanye palsu dibuat dengan air, kecap, serta Alka Seltzer agar bergelembung. Makanan juga ditopang dengan potongan plastik biru agar tampak indah.

- 

Menurut mereka, masih banyak lagi kebohongan yang dilakukan fotografer makanan profesional agar membuat foto mereka terlihat lebih indah. Adakalanya bahkan fotografer makanan sengaja membeli es palsu yang tidak mencair karena es batu asli cepat mencair di bawah lampu studio.

*kredit foto: Sandy Suffield/Dan Matthews/Jack Sargeson

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini