Sukses

Lokasi-lokasi yang Telah Dipesan Negara Lain untuk Melihat GMT

Sambut Gerhana Matahari Total, keenam negara bahkan telah memesan ruang publik seperti stadion, halaman Kesultanan Ternate

Citizen6 Jakarta - Gerhana matahari total (GMT) yang dijadwalkan akan melintasi sejumlah daerah di Indonesia pada 9 Maret mendatang membuat Indonesia kebanjiran turis. Tidak hanya hotel yang laris dipesan, sejumlah lokasi ruang publik juga dipesan untuk menyaksikan berlangsungnya proses gerhana paling langka di jagat raya.

Kepala Dinas Pariwisata Ternate, Anas Conoras, mengungkapkan enam negara yang bakal memenuhi Ternate, antara lain Jepang, Belanda, Jerman, Amerika Serikat, Malaysia, serta Rusia. Keenam negara itu bahkan telah memesan ruang publik seperti stadion, halaman Kesultanan Ternate, dan Taman Nukila.

Dikabarkan Negara Jepang bahkan sudah memesan Stadion Kei Raha untuk menjadi destinasi melakukan penelitian terhadap GMT. "Mereka sudah memesan sejak dari dua tahun yang lalu," Anas mengungkapkan.

Selain itu, ada pula negara Jerman yang lebih memilih memesan halaman Kesultanan Ternate. Anas juga mengatakan, Amerika Serikat, Belanda, Malaysia, Rusia tersebar di beberapa spot di Ternate. Seperti misalnya, di Pantai Falajawa, Taman Nukila, Masjid Al Munawar, dan Benteng Kalamata.

Pada 9 Maret nanti, ada beberapa wilayah di Indonesia yang akan dilintasi GMT. Diperkirakan gerhana matahari total akan melintasi 11 provinsi di Indonesia. Yakni Bengkulu, Sumatera Selatan, Jambi, Bangka Belitung, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Selatan, Kalimantan Timur, Sulawesi Barat, Sulawesi Tengah, dan Maluku Utara.

Sementara kota-kota besar yang diperkirakan dilintasi GMT, yakni Muko-Muko, Palembang, Tanjung Pandan, Palangkaraya, Balikpapan, Palu, dan Ternate.

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini


**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini