Sukses

Kini Bocah Korban Bom dalam Foto Ikonik Jalani Penyembuhan

Sudah lebih dari empat dekade Kim Phuc membiarkan tubuhnya dipenuhi dengan bekas luka bakar.

Citizen6, Vietnam Sebuah foto yang menggambarkan gadis kecil tengah berjalan kesakitan setelah rumahnya di bom di sebuah desa di Vietnam Selatan menghebohkan dunia. Kini, bocah yang ada dalam foto ikonik itu memiliki kesempatan untuk melakukan penyembuhan pada luka fisiknya.

CCTVNews/Facebook

Sudah lebih dari empat dekade Kim Phuc membiarkan tubuhnya dipenuhi dengan bekas luka bakar. Sejak akhir bulan September, perempuan berusia 52 tahun ini memulai serangkaian perawatan laser di Miami Dermatologi dan Laser Institute.

Kim menunjukkan bekas luka bakarnya. CCTVNews/Facebook

Dilansir CCTV News pada Rabu (28/10/2015), dr Jill Waibel yang pertama kali menawarkan perawatan gratis untuk Kim. Ia mengatakan mereka akan bertahan selama 8 - 9 bulan, dan diharapkan mendapat kelancaran dalam melunakkan jaringan parut yang pucat, lapisan yang empat kali setebal dari kulit normal, meliputi lebih dari sepertiga tubuhnya termasuk lengan kiri, sebagian besar punggung dan lehernya.

Kim tengah menjalani serangkaian penyembuhan bekas luka bakar pada tubuhnya. CCTVNews/Facebook

Ketika foto itu diambil pada 8 Juni 1972, Kim masih berusia sembilan tahun. Militer Vietnam Selatan sengaja menjatuhkan bom napalm pada warga sipil di desanya di Trang Bang sehingga menyebabkan luka bakar parah pada gadis kecil yang tengah berlibur bersama keluarganya di sebuah kuil. Karena saking sakitnya, Kim akhirnya melepas pakaian yang terbakar dari tubuhnya dan berlari sambil berteriak "terlalu panas."

Kim dan sang suami. CCTVNews/Facebook

Kim dan suaminya mencari suaka politik di Kanada pada tahun 1992, dan diangkat menjadi duta UNESCO untuk perdamaian pada 1997 silam. Selama bertahun-tahun ia telah aktif dalam meningkatkan kesadaran tentang kekejaman perang di seluruh dunia.

Kim mengatakan kepada Associated Press (AP) bahwa perawatannya sejauh ini membuat bekas lukanya merah dan gatal, tapi ia ingin melanjutkan perawatan.

"Mungkin dibutuhkan satu tahun, tapi aku benar-benar bersemangat dan bersyukur," ucap Kim.

(ul)

 

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Luka bakar merupakan kondisi yang timbul akibat pajanan panas suhu sedang – tinggi terhadap kulit tubuh.

    Luka Bakar

Video Terkini