Sukses

Para Pahlawan yang Rela Mati Demi Pekerjaannya

Pahlawan tak hanya gelar yang disematkan pada mereka yang berjuang mengerahkan seluruh jiwa raganya menggunakan kekuatan militer.

Citizen6, Jakarta Pahlawan tak hanya gelar yang disematkan pada mereka yang berjuang mengerahkan seluruh jiwa raganya menggunakan kekuatan militer. Mereka juga bisa muncul dari kalangan sipil, yang mungkin kesehariannya adalah orang biasa. Pada momen tertentu, dimana ia lebih memilih berkorban untuk orang lain tanpa peduli diri sendiri, itulah momen yang merubahnya menjadi seorang pahlawan.

Para pria dan wanita dalam kisah ini hanyalah orang yang sedang melakukan pekerjaan rutinnya. Namun kemudian mereka memutuskan melakukan hal yang melebihi tanggung jawab tugasnya untuk menyelamatkan banyak nyawa. Mereka pantas disebut pahlawan.

1. Neerja Bhanot - Pramugari

Pada tahun 1986, Pesawat Pan Am Flight 73 dibajak oleh empat teroris bersenjata berat asal Libya setelah mendarat di Karachi, Pakistan. Neerja Bhanot, seorang pramugari senior di penerbangan tersebut segera memperingatkan kru pesawat yang berkebangsaan Amerika untuk segera melarikan diri. Karena pesawat telah mendarat, pilot dan ko-pilot beserta para teknisi berhasil melarikan diri. Sebagai awak senior yang tersisa, Bhanot mengambil alih tanggung jawab.

Para pembajak meminta paspor para penumpang untuk mengidentifikasi mana penumpang yang berkewarganegaraan Amerika. Bhanot menyelamatkan nyawa 41 orang Amerika dengan cara mencampakkan semua paspor ke saluran pembuangan sampah. Setelah 17 jam, para pembajak mulai menembak. Bhanot dengan berani membuka pintu darurat agar para penumpang bisa melarikan diri. Bukannya ikut melarikan diri, ia lebih memilih melindungi penumpang dari tembakan. Akhirnya ia tewas tertembak saat memeluk tiga orang anak untuk melindungi mereka dari hujan peluru.

Selengkapnya

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini