Sukses

Kacamata Ini Buat Penyandang Buta Warna Bisa Membedakan Warna

Kacamata ini membantu para penyandang buta warna bisa membedakan warna. Bagaimana perasaan mereka?

Citizen6, Jakarta Pernahkah Anda membayangkan bagaimana rasanya hidup tanpa bisa membedakan warna? Bagi kebanyakan orang, berkendara adalah hal yang mudah. Namun tidak bagi para penyandang buta warna. Bagi mereka, membedakan warna lampu lalu lintas adalah sebuah perjuangan. Warna merah dan hijau, tak ada di dalam kamus mereka.

Menurut penelitian, sekitar 300 juta orang di dunia menyandang buta warna. Delapan persen dari populasi pria di dunia ini menyandang buta warna. Buta warna adalah situasi di mana mata Anda berbeda dari orang kebanyakan. Anda tak melihat dunia dengan cara yang sama dengan orang lainnya.

Umumnya, warna merah dan hijau tampak begitu berbeda. Akan tetapi, bagi para penyandang buta warna, mereka hanya melihat warna kuning yang pucat. Hal ini tentu saja menyulitkan para penyandang buta warna dalam kegiatannya sehari-hari. Tak jarang, mereka diejek dan di-bully karena ketidakmampuan mereka membedakan warna tersebut.

Untuk itulah, sebuah perusahaan yang bernama EnChroma berniat memberikan sensasi 'membedakan warna' bagi para penyandang buta warna. Mereka menciptakan sebuah kacamata yang disebut EnChroma. Kacamata tersebut dapat meningkatkan kemampuan mata mengidentifikasi warna hingga 30 persen dan meningkatkan kemampuan mata membedakan warna hingga 70 persen. 

The Explorer Glasses will set you back $600

Akan tetapi, ada beberapa hal yang harus diperhatikan saat menggunakan kacamata ini. Yang pertama, kacamata ini sebenarnya sunglasses. Kacamata ini tidak bisa digunakan di dalam ruangan, kecuali dengan cahaya yang sangat terang. Kedua, kacamata ini tidak didesain untuk digunakan saat menggunakan komputer. Dan yang pasti, kacamata ini tidak membantu Anda lolos dari tes buta warna. Tes yang menggunakan titik-titik berwarna untuk melihat angka di tengahnya. 

Bagi orang-orang biasa, mungkin warna rumput yang hijau, dan warna lampu lalu lintas yang merah adalah hal yang biasa. Namun bagi penyandang buta warna, saat mereka mampu membedakan warna, mereka tak bisa mengungkapkannya dengan kata-kata. 

Sayangnya, kacamata ini masih dijual dengan harga yang cukup mahal, yakni US$600. Akan tetapi, kacamata ini benar-benar berfungsi dengan baik. Para penyandang buta warna telah mencobanya dan menyukainya. Anda tertarik mencobanya?

 **Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.