Sukses

Ini Tips Cara Bersikap Setelah Diselingkuhi

Citizen6, Jakarta Diselingkuhi memang bukanlah hal yang menyenangkan. Betapa sakitnya saat orang yang kita percayai ternyata mengkhianati kita. Marah, kecewa, sedih, sudah tentu dihadapi saat memergoki pasangan Anda selingkuh.

Akan tetapi, jangan terlalu terburu-buru. Sangat tidak baik mengambil keputusan ketika emosi sedang di ubun-ubun. Pertimbangkan dengan kepala dingin apa yang harus dilakukan setelah Anda diselingkuhi. Namun jika Anda masih bingung bagaimana harus bersikap setelah diselingkuhi, cobalah bersikap seperti di bawah ini.

2 dari 5 halaman

Selanjutnya

1. Ambil waktu sendiri

Setidaknya jauhi pasangan Anda selama beberapa hari setelah mengetahui perselingkuhannya. Jika Anda langsung membahasnya, mungkin Anda akan lepas kontrol. Anda akan menyesali keputusan yang Anda buat. Karenanya, tenangkan pikiran dan pikirkan apakah Anda masih ingin hidup dengan orang yang tidak bisa dipercaya.

2. Jangan menyalahkan diri sendiri

Saat ditinggalkan, biasanya seseorang akan menyalahkan dirinya sendiri atas perselingkuhan yang dilakukan pasangannya. Lalu ia akan merasa rendah diri, tidak ingin lagi mencoba memulai dengan seseorang yang baru. Berhentilah bersikap demikian. Sungguh, seseorang yang berselingkuh sebenarnya pikirannya dangkal. Ia tidak cukup berani untuk mengatakan yang sesungguhnya bahwa ia tidak lagi bahagia dalam hubungan tersebut dan memilih selingkuh. Bicara padanya dan jangan merasa bersalah sedikitpun. Ia yang melakukan kesalahan, bukan Anda.

3 dari 5 halaman

Selanjutnya

3. Pikirkan baik-baik

Pahami risiko yang Anda ambil saat Anda memutuskan untuk memaafkannya dan menerimanya kembali. Meski ia telah membuktikan hubungannya dengan selingkuhannya telah berakhir, belum tentu hubungan bisa kembali membaik. Mengembalikan kepercayaan butuh waktu yang lama. Anda harus paham risikonya terlebih dahulu.

4. Jangan balas dendam

Saat Anda mengetahui ia telah membohongi Anda, sudah pasti Anda akan merasa kesal, marah, kecewa, dan segala penyesalan lainnya. Wajar rasanya Anda ingin membalas perbuatannya dengan berselingkuh juga. Akan tetapi, pikirkanlah kembali baik-baik. Aksi saling membalas dendam hanya akan membuat keadaan lebih buruk. Balas dendam tak akan menyelesaikan masalah.

4 dari 5 halaman

Selanjutnya

5. Jangan terus-terusan mengungkitnya

Akan tetapi, apabila Anda memutuskan memberinya kesempatan dan memutuskan untuk menjalin hubungan lagi, Anda harus mencoba melupakan kesalahan yang ia buat. Hindari mengungkit-ungkit perselingkuhan yang ia buat tiap Anda beradu argumen dengannya. Hal tersebut hanya akan membuatnya tidak nayaman. 

6. Komunikasi

Setelah memutuskan untuk kembali bersatu, hubungan Anda dengannya tidak akan lagi sama. Butuh waktu yang lama untuk mengembalikan kepercayaan. Perbanyaklah intensitas komunikasi Anda dengannya. Hal ini dengan tujuan agar hubungan Anda dengannya kembali sehat.

5 dari 5 halaman

Selanjutnya

7. Memilih setia atau tidak setia

Saat seseorang berselingkuh untuk pertama kali dan ketahuan, ia bisa saja benar-benar menyesalinya. Akan tetapi, jika pasangan Anda ketahuan lagi berselingkuh untuk kedua kalinya, berarti ia adalah orang bebal. Akan ada perselingkuhan-perselingkuhan berikutnya lagi. Pikirkanlah kembali.

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

Loading
Artikel Selanjutnya
Harga Sewa Kantor Premium di Jakarta Masuk Peringkat Termahal di Dunia
Artikel Selanjutnya
Staycation: Ada Pasar Tekstil Instagramable di Hotel Kawasan Tanah Abang