Sukses

12 Tips Sederhana Mengatasi `Bad Mood`

Saat galau, banyak hal buruk yang kita pikirkan. Berikut tips untuk mengatasi galau tersebut.

Citizen6, Jakarta Tak ada yang bisa menebak hal buruk apa yang akan menimpa dirinya. Suatu saat kita sedang merasa bahagia, bisa saja menit berikutnya kita ditimpa kesedihan. Mungkin Anda mengalami hal yang berat dan memengaruhi mood Anda sehingga Anda merasa galau. Berikut 12 tips yang dapat membuat diri Anda lebih baik saat galau melanda dilansir dari goweloveit.

Ngobrol dengan orang lain

Saat Anda merasa jenuh, sedih, ataupun galau, ajaklah/teleponlah seseorang yang dekat dengan Anda dan bisa Anda percaya. Ceritakan masalah Anda padanya. Tak ada yang menyenangkan dari seseorang yang mampu membuat Anda tersenyum tak peduli seberapa jelek mood Anda.

Bergeraklah

Jernihkah pikiran Anda dengan menggerakkan Anda. Berjalan, berlari, bahkan berdansa selama beberapa menit dapat membuat Anda merasa lebih baik. Saat jantung Anda berdetak lebih cepat, tubuh Anda akan endorfin mengeluarkan. Endorfin akan membuat diri Anda merasa lebih baik. Bahkan meski Anda sedang bekerja di kantor, gerakkan tubuh Anda!

Pergi ke luar

Kapan terakhir kali Anda pergi melihat-lihat lingkungan sekitar? Selama ini kesibukan Anda mungkin membuat Anda  menjadi pribadi yang acuh. Saat Anda merasa sedih, cobalah membuka mata Anda lebar-lebar. Berjalan di tengah sinar matahari dan menikmati terpaan panasnya. Menurut penelitian, seseorang yang sering bekerja di luar ruangan mempunyai tingkat stres yang lebih rendah dibanding seseorang yang bekerja di dalam ruangan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Selanjutnya

Menghirup napas panjang

Relakskan diri Anda, lalu hiruplah udara sebanyak yang dada Anda mampu tampung. Beberapa tarikan napas panjang tiap hari dapat mengurangi stres, membunuh racun dalam tubuh hingga 70%, dan meningkatkan jumlah oksigen dalam darah.

Tinggalkan orang-orang berpikiran negatif

Berada di lingkungan orang-orang yang berpikiran negatif, dapat memengaruhi pikiran Anda ke arah yang negatif pula. Tinggalkan mereka yang tak membawa manfaat bagi diri Anda dan carilah teman yang mampu membangun diri Anda ke arah lebih baik.

Lakukan hobi Anda

Mungkin selama ini Anda tak sempat menjalani hobi Anda. Anda yang hobi fotografi misalnya, tak sempat hunting objek-objek menarik untuk difoto karena setia p hari mesti bekerja di kantor. Tinggalkanlah kesibukan Anda sesekali dan lakukan hobi yang membuat hati Anda bahagia.

3 dari 4 halaman

Selanjutnya

Makan

Mengunyah sesuatu dapat memperbaiki mood Anda. Cobalah makan cokelat atau snack yang membuat Anda merasa lebih baik. Namun tentu saja, jangan terlalu berlebihan agar Anda tak kaget dengan berat badan yang tiba-tiba naik.

Minum banyak air putih

Dehidrasi dapat membuat Anda merasa lemas, sakit kepala, bahkan gampang marah. Pastikan tubuh Anda mendapat asupan air yang cukup sehari untuk menjaga mood Anda.

Menolong orang lain

Kesedihan Anda mungkin berasal dari diri Anda yang merasa tak berarti. Cobalah keluar dan menolong seseorang. Anda akan menyadari masih banyak yang nasibnya lebih buruk dari Anda. Jadi, buat apa bersedih?

4 dari 4 halaman

Selanjutnya

Mengubah lingkungan sekitar

Mengganti warna cat kamar, menanam beberapa tanaman dalam pot di sekitar rumah, dapat membuat mood Anda lebih baik. Sedikit perubahan di lingkungan Anda dapat memberikan efek yang besar pada diri Anda.

Kreatiflah

Menulis, menggambar, mendengarkan musik, menonton film-film lucu, atau membaca buku-buku menginspirasi dapat membuat diri Anda merasa lebih baik. Carilah kegiatan-kegiatan yang dapat mengalihkan Anda dari rasa sedih, galau, maupun jenuh tersebut.

Introspeksi

Jika Anda sudah melakukan semua tips di atas namun masih merasa buruk, mungkin ada baiknya Anda mengintrospeksi diri Anda. Tulis tiga hal yang membuat Anda bahagia atau momen yang mengubah diri Anda. Memaafkan masa lalu dan berjanji tak mengulangi kesalahan yang sama di masa depan dapat membuat diri Anda merasa lebih baik.

Yang tak boleh dilupakan, berdoa, mengadu pada Yang Maha Kuasa dapat membuat Anda merasa lebih baik. Selamat mencoba.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini