Sukses

Festival Budaya Sei Mahakam, Keren tapi Sepi Pengunjung

Citizen6, Jakarta Mungkin hanya sedikit Jakartans yang mengetahui adanya festival budaya yang keren ini, Festival Budaya Sei Mahakam yang diadakan di Bentara Budaya Jakarta. Festival ini berlangsung dari tanggal 6-16 November 2014.

Pada festival ini menampilkan potensi budaya yang ada di sepanjang Sei (sungai) Mahakam yang berupa pameran budaya, semimar, workshop serta pagelaran kesenian.

Sabtu, 16 November 2014 pukul 12:00 WIB pengunjung cukup sepi. Tampak di ruang pamer hanya beberapa pengunjung. Padahal festival yang diselenggarakan oleh Yayasan Total bekerja sama dengan Bentara Budaya ini pengunjung bisa menyaksikan langsung pembuatan kerajinan orang Kutai. Di booth-booth pengunjung bisa melihat bagaimana cara orang Kutai membuat anyaman, menenun, membuat tikar dan membuat sulam Tumpar.

Selain pameran, di festival ini juga ada peragaan busana Suku Kutai oleh Sanggar taru Gubang yang sudah mendunia itu. Juga ada pementasan tari dan teater rakyat Mamanda olehy Sanggar Panji Berseri.

Yayasan Total Indonesia mengadakan festival ini dengan tujuan untuk melestarikan budaya masyarakat di sepanjang Sungai Mahakam. Kalimantan Timur yang merupakan wilayah kerajaan Hindu tertua sejak abad ke-4 mempunyai budaya yang memukau.

Di festival budaya Sei Mahakam ini juga diadakan Lomba Karya Tulis & Foto Jurnalistik: transformasi Budaya Sei Mahakam yang berhadiah uang tunai. Berminat? Info selengkapnya ada di yayasantotalindonesia.com



Disclaimer:

Citizen6 adalah media publik untuk warga. Artikel di Citizen6 merupakan opini pribadi dan tidak boleh menyinggung SARA. Isi artikel menjadi tanggung jawab si penulisnya.

Anda juga bisa mengirimkan artikel, foto atau video seputar kegiatan komunitas, kesehatan, keuangan, wisata, kuliner, gaya hidup, sosial media, dan lainnya ke Citizen6@liputan6.com