Sukses

Comal Peduli Palestina, Baru Setengah Hari Terkumpul Rp 10 Juta

Citizen6, Jakarta Ratusan pemuda yang tergabung dalam aliansi bernama Himpunan Pemuda Islamiyah (Hamasah) Comal menggelar aksi damai Comal Peduli Palestina di beberapa titik keramaian sekitar Kec. Comal, Pemalang, pada Senin (21/7).

Massa yang terdiri dari siswa-siswi, alumni SMA Negeri 1 Comal, serta pemuda dan masyarakat umum sekitar Comal ini memulai aksi bertajuk “Dari Comal, Bersama Indonesia, Untuk Palestina” pada pukul 13.15 WIB. Masjid At-Taqwa SMAN 1 Comal akan menjadi tempat berkumpul awal massa sebelum berangkat menuju Pertigaan Jl. Gatot Subroto (Klenteng) untuk memulai longmarch.

Koordinator aksi David Fariyaldi menuturkan, aksi yang akan diselenggarakan adalah bentuk nyata kepedulian pemuda Comal terhadap penderitaan rakyat Palestina.

“Tentu doa juga kita sampaikan untuk para saudara kita di Palestina. Namun demikian, dengan aksi ini kami ingin bisa melakukan kontribusi nyata lain yang harapannya bisa sedikit meringankan penderitaan mereka di sana,” kata David Fariyaldi.
Meski gagasan awal dan mayoritas penggerak aksi ini adalah keluarga besar SMAN 1 Comal, lanjut David, dirinya berharap masyarakat Comal dan sekitarnya bisa turut berpartisipasi dalam aksi ini.  

Selain melakukan longmarch dengan rute Klenteng-Pasar Comal-Depan SMAN 1 Comal, aksi diisi dengan penyampaian orasi dan pembacaan puisi bertema Palestina. Bersamaan dengan itu, penggalangan dana dilakukan oleh petugas dari peserta aksi dengan sasaran toko, pejalan kaki, pengendara, dan masyarakat umum. Rangkaian aksi berakhir selesai pada pukul 17.00.     

Di akhir agenda, seluruh peserta aksi dimintai membubuhkan tanda tangannya di selembar kain putih yang telah disediakan. Menurut David, tanda tangan tersebut adalah simbol dukungan seluruh peserta aksi terhadap perjuangan kemerdekaan Palestina.   

Dalam aksi ini, dana yang terkumpul mencapai Rp. 5.601.500,00.  Sebelumnya, panitia telah menyelenggarakan penggalangan dana dengan membuat posko yang dibuka setiap sore hingga malam hari di depan kampus SMAN 1 Comal. Penggalangan dana di lingkungan keluarga besar SMAN 1 Comal juga telah lebih dahulu diadakan. Total donasi dana yang terkumpul hingga saat ini ialah Rp. 10.758.000,00. Nantinya, dana yang terkumpul akan disumbangkan seluruhnya untuk rakyat Palestina melalui lembaga Komite Nasional untuk Rakyat Palestina (KNRP).

Penulis:

Nur Afilin, Humas Panitia


Disclaimer:

Citizen6 adalah media publik untuk warga. Artikel di Citizen6 merupakan opini pribadi dan tidak boleh menyinggung SARA. Isi artikel menjadi tanggung jawab si penulisnya.

Anda juga bisa mengirimkan artikel, foto atau video seputar kegiatan komunitas, kesehatan, keuangan, wisata, kuliner, gaya hidup, sosial media, dan lainnya ke Citizen6@liputan6.com

Saat ini Citizen6, juga mengajak blogger untuk kolaborasi. Jika punya postingan baru, kirim alamat atau url websitenya ke kami. free.