Sukses

[VIDEO] Halong Bay, Keajaiban Dunia yang Harus Dikunjungi

Teluk Ha Long adalah sebuah teluk dengan luas lebih dari 1.500 kilometer persegi di sebelah utara Vietnam.

Citizen6, Jakarta Teluk Ha Long adalah sebuah teluk seluas kurang lebih dari 1.500 kilometer persegi di sebelah utara Vietnam dengan garis pantai sepanjang 120 km. Teluk ini berada di dalam Teluk Tonkin dekat perbatasan dengan Republik Rakyat Cina, berjarak sejauh 170 km dari Hanoi.

Teluk ini terdiri dari 1.969 pulau-pulau batu kapur yang menjulang secara spektakuler dari laut. Sejak 1994, Teluk Halong ditetapkan sebagai warisan dunia oleh UNESCO, kemudian pada 2012, teluk ini menjadi salah satu dari 7 keajaiban dunia versi New 7 Wonders Foundation.

Menurut legenda, penduduk Vietnam memiliki kepercayaan bangsa mereka berasal dari naga. Pada zaman dahulu ketika negara tersebut baru berdiri, bangsa Vietnam harus menghadapi penjajah dari utara yang menyerang melewati lautan. Untuk melindungi Vietnam, Kaisar Giok mengirim ibu naga dan anaknya ke bumi untuk membantu para bangsa tersebut melindungi negaranya.

Ibu naga dan anaknya membakar para musuh dengan api dan mengeluarkan batu zamrud sebagai tembok pertahanan. Para penjajah tersebut akhirnya tenggelam dan dikisahkan beribu-ribu tahun setelah peristiwa itu, batu-batu zamrud tersebut berubah menjadi pulau-pulau dengan berbagai ukuran dan bentuk.

Bagi sebagian besar penduduk Halong yang bekerja sebagai nelayan dan sebagian lainnya bekerja di sektor pariwisata, seperti pemandu wisata atau pendayung perahu turis

Di dalam daerah Teluk Halong terdapat beberapa gua yang menjadi tempat wisata, seperti Thien Cung (Gua Istana Surga), Dau Go (Gua Kayu Apung), Sung Sot (Gua Kejutan), dan Tam Cung (Gua Tiga Istana). Bebatuan, stalagtit, dan stalagmit yang terdapat di dalam gua-gua ini terkadang berbentuk seperti binatang atau objek lain, dan umumnya setiap gua memiliki legenda masing-masing.

Di dalam goa juga terdapat sebuah kolam, yang di dalamnya bisa terlihat beberapa koin dan beberapa lembar uang. Konon katanya jika kita lempar koin ke dalamnya sambil mengucapkan permintaan, permintaan kita akan terkabul. Bagaimana, apakah Anda tertarik mengunjungi kota ini? (Mar)

Penulis
Arnie Simanjuntak
Vietnam, arnie1xxx@gmail.com

Baca juga:
Pantai Buyutan, Pantai Eksotik Tersembunyi di Pacitan
Taman Buaya Tanjung Pasir, Wisata Petualangan di Tangerang
Pantai Klayar, Pesona Tanah Lot Laut Selatan

Disclaimer:

Citizen6 adalah media publik untuk warga. Artikel di Citizen6 merupakan opini pribadi dan tidak boleh menyinggung SARA. Isi artikel menjadi tanggung jawab si penulisnya.

Anda juga bisa mengirimkan link postingan terbaru blog Anda atau artikel disertai foto seputar kegiatan komunitas, kesehatan, keuangan, wisata, kuliner, gaya hidup, sosial media, dan lainnya ke Citizen6@liputan6.com.

 

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.