Sukses

Jelang Pilkada 2024, Masyarakat Aceh Barat Diminta Tak Terprovokasi Hoaks

Peningkatan jumlah hoaks jelang Pilkada 2024 semakin terasa di seluruh daerah.

Liputan6.com, Jakarta - Peningkatan jumlah hoaks jelang Pilkada 2024 semakin terasa di seluruh daerah. Itu sebabnya masyarakat diminta untuk mewaspadai setiap informasi yang diterima di media sosial.

Hal ini disampaikan Ketua KIP Aceh Barat, Cici Darmayanti. Ia berharap Pilkada 2024 bisa berjalan dalam kondisi yang demokratis berlandaskan asas langsung, umum, bebas, rahasia jujur dan adil di Kabupaten Aceh Barat.

"Hindari dan jangan mudah terprovokasi terhadap isu-isu SARA dan berita hoaks yang begitu cepat bergulir di media sosial. Tetap jaga kerukunan dan kedamaian demi terlaksananya pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Aceh Barat yang berintegritas," ujar Cici dilansir Antara.

Sebelumnya, Kepala Bidang Komunikasi dan Informasi Publik Dinas Komunikasi Informatika dan persandian (Diskominsa) Aceh Barat, Hidayat Isa juga meminta masyarakat untuk tidak menyebarkan hoaks atau informasi yang tidak dapat diverifikasi kebenarannya di media sosial.

"Jejak digital yang kita tinggalkan akan terus ada dan dapat dilihat oleh banyak pihak. Mari kita bijak dalam menggunakan media sosial untuk kebaikan bersama," tutur Hidayat.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Melawan hoaks sama saja melawan pembodohan. Itu yang mendasari kami membuat Kanal Cek Fakta Liputan6.com pada 2018 dan hingga kini aktif memberikan literasi media pada masyarakat luas.

Sejak 2 Juli 2018, Cek Fakta Liputan6.com bergabung dalam International Fact Checking Network (IFCN) dan menjadi partner Facebook. Kami juga bagian dari inisiatif cekfakta.com. Kerja sama dengan pihak manapun, tak akan mempengaruhi independensi kami.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Ingin lebih cepat mendapat jawaban? Hubungi Chatbot WhatsApp Liputan6 Cek Fakta di 0811-9787-670 atau klik tautan berikut ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini