Sukses

Cek Fakta: Hoaks Bantuan Uang Membangun Rumah dari Ashanty dengan Cara Kirim Nomor Rekening di Facebook

Beredar di media sosial postingan yang mengklaim ada bantuan uang membangun rumah dari Ashanty dengan mengirim nomor rekening di Facebook.

Liputan6.com, Jakarta - Beredar di media sosial postingan yang mengklaim ada bantuan uang membangun rumah dari Ashanty dengan mengirim nomor rekening di Facebook. Postingan itu beredar sejak pekan lalu.

Salah satu akun ada yang mengunggahnya di Facebook. Akun itu mengunggahnya pada 5 Juli 2024.

Berikut isi postingannya:

"KABAR BAIK Uang akan datang untuk membangun rumah untuk Anda 🏠🏡 kirim no rekening melalui inbox pesan. 💐✨🙏 Semoga bermanfaat untuk sodara2 saya semua"

Hingga saat ini postingan tersebut telah dilihat 319,8 ribu kali mendapat 7,7 ribu likes dan 2,5 ribu komentar.

Lalu benarkah postingan yang mengklaim ada bantuan uang membangun rumah dari Ashanty dengan mengirim nomor rekening di Facebook?

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Penelusuran Fakta

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri dan menemukan di kolom komentar ada arahan untuk menghubungi nomor WhatsApp tertentu sebagai syarat pemberian bantuan.

Ini merupakan modus pencurian data ataupun terhubung dengan pinjaman online ilegal.

Selain itu sangat berbahaya jika memberikan data pribadi seperti buku tabungan dan nomor rekening untuk diunggah di media sosial. Pasalnya data pribadi ini rawan digunakan untuk penipuan.

Postingan tersebut juga mencatut nama penyanyi terkenal Ashanty agar masyarakat percaya. Ashanty sendiri mempunyai akun resmi di Facebook bernama Ashanty Hermansyah yang sudah bercentang biru atau terverifikasi.

Pada 5 September 2023 ia pernah membuat postingan agar masyarakat mewaspadai penipuan mencatut naman dirinya:

"Guys buat kalian yang merasa dapat Giveaway dari akun Facebook aku tolong jangan direspons ya. Itu penipuan mengatasnamakan akun Facebook aku. Akun facebook aku yang bener cuma ini yaa guys dan sudah terverified"

Sumber:

https://www.facebook.com/photo/?fbid=824808889299992&set=pb.100053126661776.-2207520000&locale=id_ID

3 dari 4 halaman

Kesimpulan

Postingan yang mengklaim ada bantuan uang membangun rumah dari Ashanty dengan mengirim nomor rekening di Facebook adalah hoaks.

4 dari 4 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Melawan hoaks sama saja melawan pembodohan. Itu yang mendasari kami membuat Kanal Cek Fakta Liputan6.com pada 2018 dan hingga kini aktif memberikan literasi media pada masyarakat luas.

Sejak 2 Juli 2018, Cek Fakta Liputan6.com bergabung dalam International Fact Checking Network (IFCN) dan menjadi partner Facebook. Kami juga bagian dari inisiatif cekfakta.com. Kerja sama dengan pihak manapun, tak akan mempengaruhi independensi kami.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Ingin lebih cepat mendapat jawaban? Hubungi Chatbot WhatsApp Liputan6 Cek Fakta di 0811-9787-670 atau klik tautan berikut ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini