Sukses

Kumpulan Hoaks Seputar Kecelakaan Kapal, Simak Faktanya

Hoaks terkait peristiwa kecelakaan kapal sering menyebar viral di masyarakat. Tentu saja hoaks ini harus diklarifikasi agar tidak terjadi keresahan.

Liputan6.com, Jakarta - Hoaks terkait peristiwa kecelakaan kapal sering menyebar viral di masyarakat. Tentu saja hoaks ini harus diklarifikasi agar tidak terjadi keresahan.

Lalu apa saja hoaks terkait peristiwa kecelakaan kapal? Berikut beberapa di antaranya:

1. Cek Fakta: Tidak Benar KM Lestari Maju Tenggelam di Selayar 3 Juli 2024

Beredar di media sosial postingan yang menyebut KM Lestari Maju tenggelam di Selayar pada 3 Juli 2024. Postingan itu beredar sejak tengah pekan ini.

Salah satu akun ada yang mengunggahnya di Facebook. Akun itu mempostingnya pada 3 Juli 2024.

Dalam postingannya terdapat foto kapal tenggelam disertai narasi:

"Kuasa Allah Innalillahi wa Innailaihi Roji'uun KMP.Lestari Maju Teggelam di Selat Pulau Selayar..semoga selamat semua..Amiiin...Muatan trdiri dari.+-130 orang, Mobil pribadi 14.,mobil Truk 6,Mobil 12 Roda : 8., Motor 8, uang BPD Sbayak 30 Miliyard sudah ada korban Jiwa sebnyak 6 Termasuk Anak-anak untuk sementara..laporan...........Bismillahi Mujereha wamursahaa...."

Lalu benarkah postingan yang menyebut KMP Lestari Maju tenggelam di Selayar pada 3 Juli 2024? Simak dalam artikel berikut ini...

2. Cek Fakta: Tidak Benar Dalam Video Ini Peristiwa Kapal Penyeberangan Banyuwangi-Bali Tenggelam

Cek Fakta Liputan6.com mendapati klaim video peristiwa kapal penyeberangan Banyuwangi-Bali tenggelam, informasi tersebut diunggah salah satu akun Facebook, pada 10 Juli 2023.

Klaim video peristiwa kapal penyeberangan Banyuwangi-Bali tenggelam menampilkan sejumlah orang sedang mengenakan pelapung berada di anjungan kapal yang terihat miring di tengah deburan ombak, dalam video tersebut terlihat ibu yang sedang menggendong anaknya sedang bertahan agar tidak jatuh dan mobil.

Video tersebut diberi keterangan sebagai berikut.

"Entah kapan iniKejadian hari ini Penyebrangan Banyuwangi-Bali😭"

Benarkah klaim video peristiwa kapal penyeberangan Banyuwangi-Bali tenggelam? Simak dalam artikel berikut ini...

3. Cek Fakta: Tidak Benar Dalam Video Ini Kecelakaan Kapal di Padangbai

Cek Fakta Liputan6.com mendapati klaim video kecelakaan kapal di Padangbai, informasi tersebut diunggah salah satu akun Facebook, pada 17 November 2023.

Informasi kecelakaan kapal di Padangbai menampilkan sebuah kapal laut dengan kondisi miring dan sebagian badan kapal sudah tenggelam pada kapal tersebut terdapat tulisan "BLUE LAGON ISLAND", di sekitar kapal tersebut pun terlihat sejumlah orang mengenakan pelampung terapung di perairan dan juga ada yang masih di atas kapal sedang loncat ke air.

Dalam video terdapat tulisan "Kecelakaan Kapal di Padangbai hari ini"

Video tersebut diberi keterangan sebagai berikut "Padang bai".

Benarkah klaim video kecelakaan kapal di Padangbai? Simak dalam artikel berikut ini...

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Melawan hoaks sama saja melawan pembodohan. Itu yang mendasari kami membuat Kanal Cek Fakta Liputan6.com pada 2018 dan hingga kini aktif memberikan literasi media pada masyarakat luas.

Sejak 2 Juli 2018, Cek Fakta Liputan6.com bergabung dalam International Fact Checking Network (IFCN) dan menjadi partner Facebook. Kami juga bagian dari inisiatif cekfakta.com. Kerja sama dengan pihak manapun, tak akan mempengaruhi independensi kami.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Ingin lebih cepat mendapat jawaban? Hubungi Chatbot WhatsApp Liputan6 Cek Fakta di 0811-9787-670 atau klik tautan berikut ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.