Sukses

Hoaks Seputar Peristiwa di Kota Medan, Simak Faktanya

Hoaks kerap mengaitkan peristiwa di kota tertentu tak terkecuali di kota Medan. Hoaks ini muncul dalam beragam tema dan tersebar di media sosial maupun aplikasi percakapan.

Liputan6.com, Jakarta - Hoaks kerap mengaitkan peristiwa di kota tertentu tak terkecuali di kota Medan. Hoaks ini muncul dalam beragam tema dan tersebar di media sosial maupun aplikasi percakapan.

Lalu apa saja hoaks terkait kota Medan? Berikut beberapa di antaranya:

1. Cek Fakta: Tidak Benar Wali Kota Medan Bobby Nasution Kehilangan Uang Miliaran Rupiah di Rumah Dinasnya

Kabar tentang Wali Kota Medan Bobby Nasution kehilangan uang miliaran rupiah di rumah dinasnya beredar di media sosial. Kabar tersebut disebarkan salah satu akun TikTok pada 24 Mei 2024.

Akun TikTok tersebut mengunggah gambar Bobby Nasution dan rumah dinas Wali Kota Medan. Dalam gambar tersebut terdapat narasi sebagai berikut.

"VIRAL UANG MILIARAN MILIK WALIKOTA MEDAN HILANG DI RUMAH DINAS"

Akun TikTok tersebut juga menuliskan narasi bahwa uang miliaran tersebut hilang saat Bobby Nasution melaksanakan umroh.

"Uang Milyaran Rupiah dari beberapa mata uang milik walikota medan Diduga telah hilang dirumah dinas. Hilangnya uang tersebut saat walikota Medan Sedang melaksanakan ibadah Umroh ,Bahkan para pekerja yg Bekerja dirumah Dinas tersebut Dipecat," tulis salah satu akun TikTok.

Konten yang disebarkan akun TikTok tersebut telah 173 kali disukai dan mendapat 101 komentar dari warganet.

Benarkah kabar Wali Kota Medan Bobby Nasution kehilangan uang miliaran rupiah di rumah dinasnya? Simak dalam artikel berikut ini...

2. Cek Fakta: Tidak Benar Video Ini Peristiwa Perampokan Supermarket di Medan

Beredar di media sosial postingan video yang diklaim sebagai perampokan di supermarket Kasimura Medan. Postingan itu beredar sejak awal pekan ini.

Salah satu akun ada yang mengunggahnya di Facebook. Akun itu mempostingnya pada 11 Juli 2023.

Dalam postingannya terdapat video berdurasi 2 menit 47 detik. Video itu menggambarkan situasi perampokan di dalam supermarket.

Video itu dilengkapi narasi:

"Perampokan di supermarket kasimura Medan. MEDAN SUDAH TIDAK AMAN!!!"

Lalu benarkah postingan video yang diklaim sebagai perampokan di supermarket Kasimura Medan? Simak dalam artikel berikut ini...

3. Cek Fakta: Tidak Benar Video Ini Penculikan Anak TK di Medan

Beredar di media sosial postingan video penculikan anak TK yang diklaim berada di Medan. Postingan itu beredar sejak pekan lalu.

Salah satu akun ada yang mengunggahnya di Facebook. Akun itu mempostingnya pada 30 januari 2023.

Dalam postingannya terdapat video berdurasi 30 detik menggambarkan keadaan CCTV sebuah sekolah yang didatangi pria berpenutup wajah.

Pria itu kemudian menggendong seorang anak dengan membawa plastik hitam. Anak-anak pun berlarian dan berteriak.

Akun itu menambahkan narasi "Waspada ya ibu2 yg anak²nya sekolah TK SD LG musim penculikan anak dimedan...Semoga anak2 kita semua dilindungi Allah SWT"

Lalu benarkah postingan video penculikan anak yang diklaim berada di Medan? Simak dalam artikel berikut ini...

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Melawan hoaks sama saja melawan pembodohan. Itu yang mendasari kami membuat Kanal Cek Fakta Liputan6.com pada 2018 dan hingga kini aktif memberikan literasi media pada masyarakat luas.

Sejak 2 Juli 2018, Cek Fakta Liputan6.com bergabung dalam International Fact Checking Network (IFCN) dan menjadi partner Facebook. Kami juga bagian dari inisiatif cekfakta.com. Kerja sama dengan pihak manapun , tak akan mempengaruhi independensi kami.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Ingin lebih cepat mendapat jawaban? Hubungi Chatbot WhatsApp Liputan6 Cek Fakta di 0811-9787-670 atau klik tautan berikut ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini