Sukses

Deretan Hoaks Penipuan Catut Nama Bank BUMN, Simak Daftarnya

Hoaks penipuan di media sosial kerap mencatut nama Bank BUMN. Hoaks ini tentu saja sangat meresahkan dan bisa menimbulkan kerugian di masyarakat.

Liputan6.com, Jakarta - Hoaks penipuan di media sosial kerap mencatut nama Bank BUMN. Hoaks ini tentu saja sangat meresahkan dan bisa menimbulkan kerugian di masyarakat.

Lalu siapa saja bank BUMN yang dicatut namanya oleh para pembuat hoaks? Berikut beberapa di antaranya:

1. Cek Fakta: Hoaks Pendaftaran Gebyar Undian Bank Mandiri dalam Rangka Menyambut Idul Fitri

Beredar di media sosial postingan pendaftaran gebyar undian dalam rangka menyambut hari raya Idul Fitri dari Bank Mandiri. Postingan itu beredar sejak akhir pekan ini.

Salah satu akun ada yang mengunggahnya di Facebook. Akun itu mempostingnya pada 13 April 2024.

Berikut isi postingannya:

"GEBYAR GEMILANG GREND PRIZE BERHADIAHDari, PT BANK MANDIRI,"KHUSUSNYA":Kepada Nasabah Yang Telah Terdaftar M-Banking,(Livin By Mandiri) I-Banking,(Mandiri Internet),Kini Hadir Untuk Menyambut dan Memeriahkan, Menyambut Hari Raya IDUL FITRIAyo Segera..! Lakukan Pendaftaran Sekarang Juga, Agar Berkesempatan Untuk Meraih dan Mendapatkan Aneka Hadiah yang Fantastis,dan Menarik: Dengan Hadiah Utama yaitu Berupa..?*-5 : Paket<Umroh Gratis>*-7 : Paket<Wisata Japan>*-2 : Unit Mobil<Toyota Fortuner>*-5 : Unit Mobil<Toyota Innova>*-3 : Unit Mobil<Mitsubishi XPander>*-7 : Unit Sepeda Gunung*-10 : Unit Penghisap Debu*-10 : Unit Televisi Prolytron*-10 : Unit Ac Prolytron*-5: Unit Lemari Es*-5: Unit Mesin CuciMasih Banyak Lagi Hadiah-Hadiah Dan Kesempatan Lainnya yang Bisa Didapatkan... Info Lebih Lanjut Tentang Pendaftaran (Program Gebyar Grend Prize Bank Mandiri Ini..?) Silakan Klik Menu (Daftar) Yang Telah Kami Sediakan"

Lalu benarkah postingan pendaftaran gebyar undian dalam rangka menyambut hari raya Idul Fitri dari Bank Mandiri? Simak dalam artikel berikut ini...

2. Cek Fakta: Waspada Hoaks Link Pendaftaran BI Fast Catut Nama Bank BRI

Beredar di media sosial dan aplikasi percakapan pesan berantai berisi link pendaftaran BI Fast dari BRImo. Pesan berantai itu beredar sejak beberapa waktu lalu.

Salah satu akun ada yang mengunggahnya di Facebook. Akun itu mempostingnya pada 29 Juli 2022.

Berikut isi pesan berantai tersebut:

"Khusus Nasabah BRI yang sudah terdaftar di BRImo. Sobat BRI. Silakan daftar BI FAST di BRImo nikmati murahnya transaksi.

- Transfer Antar Bank hanya Rp.2.500

- Tarik Tunai di Mesin ATM Bank lain Rp.2.500

+ Gratis Biaya Notif SMS BRI Info lebih lanjut tentang pendaftaran BI Fast Brimo silakan menu daftar di bawah ini...!!"

Lalu benarkah pesan berantai berisi link pendaftaran BI Fast dari BRImo? Simak dalam artikel berikut ini...

3. Cek Fakta: Tidak Benar Bank BNI Buka Pendaftaran Gebyar Hadiah 2024 di Facebook

Beredar di media sosial postingan Bank BNI sedang membuka pendaftaran untuk gebyar hadiah tahun 2024 di Facebook. Postingan itu beredar sejak tengah pekan ini.

Salah satu akun ada yang mengunggahnya di Facebook. Akun itu mempostingnya pada 1 Februari 2024.

Berikut isi postingannya:

"๐™‚๐™€๐˜ฝ๐™”๐˜ผ๐™ ๐˜ฝ๐™‰๐™„ SPECIAL TAHUN BARU 2024๐™†๐™๐™ช๐™จ๐™ช๐™จ ๐™‰๐™–๐™จ๐™–๐™—๐™–๐™ ๐˜ฝ๐™–๐™ฃ๐™  ๐˜ฝ๐™‰๐™„๐™–๐™ฎ๐™ค ๐™—๐™ช๐™ง๐™ช๐™–๐™ฃ ๐™™๐™–๐™›๐™ฉ๐™–๐™ง ๐™–๐™œ๐™–๐™ง ๐™ ๐™–๐™ข๐™ช ๐™—๐™š๐™ง๐™ ๐™š๐™จ๐™š๐™ข๐™ฅ๐™–๐™ฉ๐™–๐™ฃ ๐™ข๐™š๐™ฃ๐™Ÿ๐™–๐™™๐™ž ๐™ฅ๐™š๐™ข๐™š๐™ฃ๐™–๐™ฃ๐™œ ๐™ƒ๐˜ผ๐˜ฟ๐™„๐˜ผ๐™ƒ ๐™๐™๐˜ผ๐™ˆ๐˜ผโ€ข 1 ๐™ˆ๐™ค๐™—๐™ž๐™ก ๐™๐™š๐™จ๐™ก๐™– (๐™๐™ฃ๐™ฉ๐™ช๐™  ๐™๐™–๐™—๐™ช๐™ฃ๐™œ๐™–๐™ฃ ๐˜ฝ๐™‰๐™„ ๐™๐™š๐™ง๐™—๐™–๐™ฃ๐™ฎ๐™–๐™ )โ€ข 2 ๐™ˆ๐™ค๐™—๐™ž๐™ก ๐™ƒ๐™ž๐™ก๐™ช๐™ญ ๐˜ฟ๐™ช๐™—๐™ก๐™š ๐˜พ๐™–๐™—๐™ž๐™ฃโ€ข 2 ๐™ˆ๐™ค๐™—๐™ž๐™ก ๐™๐™–๐™ž๐™ฏโ€ข 100 ๐™๐™ฃ๐™ž๐™ฉ ๐™ˆ๐™ค๐™ฉ๐™ค๐™ง ๐™ƒ๐™ค๐™ฃ๐™™๐™– ๐™‹๐˜พ๐™“-160"

Lalu benarkah postingan Bank BNI sedang membuka pendaftaran untuk gebyar hadiah tahun 2024 di Facebook? Simak dalam artikel berikut ini...

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Melawan hoaks sama saja melawan pembodohan. Itu yang mendasari kami membuat Kanalย Cek Fakta Liputan6.comย pada 2018 dan hingga kini aktif memberikan literasi media pada masyarakat luas.

Sejak 2 Juli 2018,ย Cek Fakta Liputan6.comย bergabung dalamย International Fact Checking Networkย (IFCN)ย dan menjadi partner Facebook. Kami juga bagian dari inisiatif cekfakta.com. Kerja sama dengan pihak manapun, tak akan mempengaruhi independensi kami.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Ingin lebih cepat mendapat jawaban? Hubungi Chatbot WhatsApp Liputan6 Cek Fakta di 0811-9787-670 atau klik tautanย berikut ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini