Sukses

Perusahaan Besar dan Tokoh Terkenal Dicatut Hoaks Pembagian Uang dan Barang Berharga, Awas Modus Penipuan

Hoaks seputar pembagian hadiah barang berharga dan uang telah diungkap Cek Fakta Liputan6.com, informasi palsu tersebut mencatut sejumlah tokoh dan perusahaan besar.

Liputan6.com, Jakarta- Kabar tentang pembagian hadiah barang berharga dan uang tentu menarik untuk diikuti, namun kita perlu mewaspadainya sebab kerap dijadikan bahan hoaks untuk menjalankan modus penipuan.

Hoaks seputar pembagian hadiah barang berharga dan uang pun telah diungkap Cek Fakta Liputan6.com, informasi palsu tersebut mencatut sejumlah tokoh dan perusahaan besar.

Agar tidak menjadi korban penipuan karena mempercayai informasi pembagian hadiah barang berharga dan uang, kita perlu mengetahuinya dengan menyimak daftar berikut ini.

 Jusuf Hamka Bagikan Rp 50 Juta dengan Cara Tebak Nama Kota di Facebook

Beredar kembali postingan pengusaha Jusuf Hamka membagikan uang Rp 50 juta hanya dengan menebak nama kota di Facebook. Postingan itu beredar sejak pekan ini.

Salah satu akun bernama Yusuf Hamka Berbagi mengunggahnya di Facebook. Akun itu mempostingnya pada 12 Maret 2024.

Dalam postingannya terdapat video dengan narasi sebagai berikut;

"Tebak dulu baru bapak tf 50 jt. Tebak nama kota di atas dengan tepat"

Akun itu juga menambahkan narasi:

"Informasi yang sedang perlu bantuan ekonomi bayar utang dan pingin mendapatkan modal usaha bisa tekan link di bawah ini.."

Lalu benarkah postingan pengusaha Jusuf Hamka membagikan uang Rp 50 juta hanya dengan menebak nama kota di Facebook? Simak hasil penelusuran Cek Fakta Liputan6.com dalam halaman berikut ini....

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Program Promo Ramadan BNI Bagikan Hadiah

Cek Fakta Liputan6.com mendapati klaim promo Ramadan BNI bagikan hadiah, informasi tersebut diunggah salah satu akun Facebook, pada 10 Maret 2024.

klaim promo Ramadan BNI bagikan hadiah berupa tulisan sebagai berikut.

"*𝐏𝐑𝐎𝐌𝐎 𝐑𝐀𝐌𝐀𝐃𝐀𝐍 𝐁𝐍𝐈 𝙎𝙋𝙀𝙎𝙄𝘼𝙇 𝙏𝘼𝙃𝙐𝙉 𝟐𝟎𝟐𝟒

*Khusus Nasabah (Bank-BNI) yang sudah Mempunyai (Rekening-Bni) ayo buruan daftar agar kamu berkesempatan menjadi pemenang BNI-Pesta-Reward-Points (Bank-BNI)*

*1 Unit Rumah*

*Mobil*

*Motor*

*Emas Murni*

*Lemari Es*

*Smartphone*

*TV*

*Sepeda gunung*

*Rice cooker*

*Laptop*

*Info lebih lanjut tentang pendaftaran (Reward-Points) silakan klik menu (Daftar) yang telah kami sediah kan*

*Untuk pendaftaran gratis...*"

Unggahan tersebut juga mencantumkan tautan yang mengarahkan penerima informasi mengkliknya untuk mendaftar.

Berikut tautannya.

"https://daftarpestahadiah.cloud/bni.co.id/phone.html?fbclid=IwAR2UdlNLPy5DRcLImQYgSLCVUF7zxdfSAyoD5XeBnWgU9oLgoPlb0EIZvKE"

Benarkah klaim promo Ramadan BNI bagikan hadiah? Simak penelusuran Cek Fakta Liputan6.com dalam halaman berikut ini....

 

 

3 dari 4 halaman

Raffi Ahmad Bagikan Uang Rp 30 Juta untuk Lunasi Utang dengan Cara Mendaftar di Whatsapp

Beredar di media sosial postingan Raffi Ahmad membagikan uang Rp 30 juta untuk melunasi utang dengan mendaftar melalui Whatsapp. Postingan itu beredar sejak pekan lalu.

Salah satu akun ada yang mengunggahnya di Facebook. Akun itu mempostingnya pada 9 Maret 2024.

Dalam postingannya terdapat video Raffi Ahmad dan Nagita dengan narasi sebagai berikut:

"Buat yang belum pernah Raffi bantu lunasi hutang-piutang 30 jt Raffi siap kirim sekarang. Jawab jujur: 1. Sudah, 2. Belum."

Akun itu menambahkan narasi: "Hanya follow aja ya"

Hingga saat ini postingan tersebut sudah mendapat 12,3 ribu likes dan lebih dari 25,6 ribu komentar.

Lalu benarkah postingan Raffi Ahmad membagikan uang Rp 30 juta untuk melunasi utang dengan mendaftar melalui Whatsapp? Simak dalam artikel berikut ini...

4 dari 4 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Melawan hoaks sama saja melawan pembodohan. Itu yang mendasari kami membuat Kanal Cek Fakta Liputan6.com pada 2018 dan hingga kini aktif memberikan literasi media pada masyarakat luas.

Sejak 2 Juli 2018, Cek Fakta Liputan6.com bergabung dalam International Fact Checking Network (IFCN) dan menjadi partner Facebook. Kami juga bagian dari inisiatif cekfakta.com. Kerja sama dengan pihak manapun, tak akan mempengaruhi independensi kami.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Ingin lebih cepat mendapat jawaban? Hubungi Chatbot WhatsApp Liputan6 Cek Fakta di 0811-9787-670 atau klik tautan berikut ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.