Sukses

Viral Ulat Beracun Bisa Sebabkan Kematian, Kemenkes: Hoaks

Kementerian Kesehatan (Kemenkes) akhirnya buka suara terkait informasi yang menyebut ulat berbulu bisa menyebabkan kematian dalam waktu yang singkat

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Kesehatan (Kemenkes) akhirnya buka suara terkait informasi yang menyebut ulat berbulu bisa menyebabkan kematian dalam waktu yang singkat. Mereka menyebut informasi tersebut tidak benar.

Sebelumnya beredar di media sosial video yang menyebut adanya ulat bulu yang disebut mematikan. Video ini sempat menghebohkan masyarakat karena tersebar juga di aplikasi percakapan Whatsapp.

Kemenkes menyebut ulat yang dimaksud merupakan puss caterpillar atau ulat kucing atau ulat asp yang banyak ditemukan wilayah selatan Amerika Serikat. Sengatan ulat ini dapat menimbulkan reaksi yang berbeda pada setiap orang namun hanya berbahaya bagi orang yang menderita reaksi ekstrem terhadap gigitan serangga.

"Faktanya memang beracun, tapi tidak ada fakta yang menyebutkan kalau ulat ini bisa membunuh manusia. Hoaks itu," kata Juru Bicara Kementerian Kesehatan dr. M Syahril dilansir laman Kemenkes.

"Jika terkena sengatan ulat berbulu ini, hal pertama kali harus dilakukan adalah mencuci area tubuh yang terkena sengatan dengan sabun dan air untuk mengurangi rasa sakit. Segera ke dokter sekiranya ada alergi terhadap gigitan serangga atau jika dirasa gejala terasa lebih parah," katanya menegaskan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Melawan hoaks sama saja melawan pembodohan. Itu yang mendasari kami membuat Kanal Cek Fakta Liputan6.com pada 2018 dan hingga kini aktif memberikan literasi media pada masyarakat luas.

Sejak 2 Juli 2018, Cek Fakta Liputan6.com bergabung dalam International Fact Checking Network (IFCN) dan menjadi partner Facebook. Kami juga bagian dari inisiatif cekfakta.com. Kerja sama dengan pihak manapun, tak akan mempengaruhi independensi kami.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Ingin lebih cepat mendapat jawaban? Hubungi Chatbot WhatsApp Liputan6 Cek Fakta di 0811-9787-670 atau klik tautan berikut ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.