Sukses

Cek Fakta: Tidak Benar Video Cak Imin Berikan Ucapan Selamat pada Prabowo untuk Kemenangan di Pilpres 2024

Beredar di media sosial postingan video Cak Imin memberikan selamat kepada Prabowo Subianto atas kemenangannya dalam Pilpres 2024.

Liputan6.com, Jakarta - Beredar di media sosial postingan video Cak Imin memberikan selamat kepada Prabowo Subianto atas kemenangannya dalam Pilpres 2024. Postingan itu beredar sejak awal pekan ini.

Salah satu akun ada yang mengunggahnya di Facebook. Akun itu mempostingnya pada 20 Februari 2024.

Dalam postingannya terdapat video berjudul "Akhirnya Cak Imin Beri Selamat Kepada Presiden Prabowo Mendatang!! Momen Cak Imin Mengucapkan selamat ke Prabowo"

Akun itu menambahkan narasi "Cak Imin sudah mengucapkan selamat kepada presiden terpilih Prabowo Subianto. Semoga para pendukungnya juga dan kembali bekerja seperti sedia kala, jalin silaturahmi kembali dan tetap dalam bingkai NKRI. Semangat dan sukses semua. Bandung, Selasa 20 Februari 2024."

Lalu benarkah postingan video Cak Imin memberikan selamat kepada Prabowo Subianto atas kemenangannya dalam Pilpres 2024?

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Penelusuran Fakta

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri dan menemukan video yang identik dengan postingan. Video itu diunggah akun KompasTV di Youtube dengan judul "Ekspresi Prabowo Ketika Disanjung Cak Imin Elektabilitasnya Naik" yang tayang pada 11 April 2023.

<p>Cek fakta video Cak Imin ucapkan selamat pada Prabowo</p>

Berikut narasi yang disertakan dalam video tersebut.

"JAKARTA, KOMPAS.TV - Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto kembali menerima kedatangan rombongan Partai Politik kali ini dari PKB di Jalan Kertanegara 4, Jakarta Selatan, pada Senin (10/4/2023).

Pada momen itu Ketum PKB Muhaimin Iskandar alias Cak Imin melontarkan pujian pada Prabowo terkait elektabilitasnya.

"Alhamdulillah selamat kepada Pak Prabowo, survei semakin tinggi. Gerindra juga naik terus ya pak suaranya, mudah-mudahan juara pemilu. PKB otomatis kalau Gerindra naik, ya naik juga, tapi belum bisa melampaui Gerindra," kata Muhaimin.

Cak Imin dengan Prabowo bertujuan untuk bertukar informasi terkait kontestasi pemilu 2024.

"Kita bekerja terus untuk meyakinkan rakyat agar PKB dan Gerindra terus diterima dengan baik," ujarnya.

Prabowo mengatakan bahwa pertemuan ini merupakan agenda rutin antara Gerindra dan PKB.

"Jadi kita akan bertukar informasi, jadi acara hari ini pertemuan rutin bukan acara buka puasa bersama yang khusus, tapi kebetulan karena buka ya kita buka," ujar Prabowo."

Sumber:

https://www.youtube.com/watch?v=oTcmydUCRcA

3 dari 4 halaman

Kesimpulan

Postingan video Cak Imin memberikan selamat kepada Prabowo Subianto atas kemenangannya dalam Pilpres 2024 adalah tidak benar. Faktanya video tersebut diunggah pada April 2023 lalu, jauh sebelum Pilpres 2024 digelar.

4 dari 4 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Melawan hoaks sama saja melawan pembodohan. Itu yang mendasari kami membuat Kanal Cek Fakta Liputan6.com pada 2018 dan hingga kini aktif memberikan literasi media pada masyarakat luas.

Sejak 2 Juli 2018, Cek Fakta Liputan6.com bergabung dalam International Fact Checking Network (IFCN) dan menjadi partner Facebook. Kami juga bagian dari inisiatif cekfakta.com. Kerja sama dengan pihak manapun, tak akan mempengaruhi independensi kami.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Ingin lebih cepat mendapat jawaban? Hubungi Chatbot WhatsApp Liputan6 Cek Fakta di 0811-9787-670 atau klik tautan berikut ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.