Sukses

Cek Fakta: Tidak Benar Foto Anies Baswedan Ajak Pendukungnya Coblos Pasangan Prabowo - Gibran

Liputan6.com, Jakarta - Beredar di media sosial postingan foto Anies Baswedan mengajak pendukungnya untuk memilih pasangan nomor urut dua Prabowo - Gibran. Postingan itu beredar sejak akhir pekan ini.

Salah satu akun ada yang mengunggahnya di Facebook. Akun itu mempostingnya pada 8 Februari 2024.

Dalam postingannya terdapat foto Anies Baswedan mengacungkan dua jari dengan narasi sebagai berikut:

"Untuk semua pendukung saya, jangan lupa coblos no.2 Prabowo Gibran"

Akun itu menambahkan narasi, "PEMILU MAKIN DEKAT. JANGAN LUPA COBLOS 02 UNTUK INDONESIA MAJU !"

Lalu benarkah postingan foto Anies Baswedan mengajak pendukungnya untuk memilih pasangan nomor urut dua Prabowo - Gibran?

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Penelusuran Fakta

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri dengan memasukkan foto di postingan menggunakan Google Lens. Penelusuran menemukan foto yang identik dengan postingan.

Foto itu diunggah oleh Tribunnews.com dalam artikel berjudul "Anies Baswedan Dukung Jokowi-JK Salam 2 Jari" yang tayang pada Sabtu, 5 Juli 2024.

<p>Cek fakta Anies Baswedan mengajak pendukungnya memilih pasangan Prabowo - Gibran</p>

Dalam artikel itu terdapat narasi foto sebagai berikut:

"KONSER SALAM 2 JARI - Juru Kampanye pasangan Jokowi-JK, Anies Baswedan, mengajak para pengunjung yang hadir pada Konser Ngabuburit Salam 2 Jari untuk memilih Jokowi-JK, di Lapangan Irepa, Cilodong, Depok, Jumat (4/7). Menurut Baswedan, Jokowi-JK pemimpin yang jujur, dan berkarakter. (Warta Kota/nur ichsan)"

Sumber:

https://www.tribunnews.com/images/editorial/view/1235751/anies-baswedan-dukung-jokowi-jk-salam-2-jari

3 dari 4 halaman

Kesimpulan

Postingan foto Anies Baswedan mengajak pendukungnya untuk memilih pasangan nomor urut dua Prabowo - Gibran adalah tidak benar. Faktanya foto tersebut diambil pada tahun 2014 lalu saat Anies menjadi Juru Kampanye Jokowi - Jusuf Kalla.

4 dari 4 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Melawan hoaks sama saja melawan pembodohan. Itu yang mendasari kami membuat Kanal Cek Fakta Liputan6.com pada 2018 dan hingga kini aktif memberikan literasi media pada masyarakat luas.

Sejak 2 Juli 2018, Cek Fakta Liputan6.com bergabung dalam International Fact Checking Network (IFCN) dan menjadi partner Facebook. Kami juga bagian dari inisiatif cekfakta.com. Kerja sama dengan pihak manapun, tak akan mempengaruhi independensi kami.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Ingin lebih cepat mendapat jawaban? Hubungi Chatbot WhatsApp Liputan6 Cek Fakta di 0811-9787-670 atau klik tautan berikut ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini