Sukses

Kumpulan Video Hoaks Terkini, dari Terkait Pemilu sampai Kesehatan

Kumpulan video hoaks terkini yang beredar di media sosial

Liputan6.com, Jakarta- Hoaks yang beredar di tengah masyarakat lewat media sosial dan aplikasi percakapan beragam jenisnya, salah satu yang kerap muncul dalam bentuk video.

Video hoaks yang telah diungkap Cek Fakta Liputan6.com terkait dengan beragam isu, mulai dari politik hingga kesehatan. Keberadaan informasi bohong tersebut bisa menyesatkan jika dipercaya.

 Berikut kumpulan video hoaks terkini yang beredar di media sosial.

Video Konser Rhoma Irama dan Iwan Fals Mendukung Pasangan AMIN

Beredar di media sosial postingan video konser Rhoma Irama dan Iwan Fals berduet mendukung pasangan Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar (AMIN). Postingan itu beredar sejak tengah pekan ini.

Salah satu akun ada yang mengunggahnya di Tiktok. Akun itu mempostingnya pada 25 Januari 2024.

Dalam postingannya terdapat Rhoma Irama dan Iwan Fals sedang bernyanyi di atas panggung. Namun dalam video tersebut terdapat narasi:

"H. Rhoma Irama, Iwan Fals dua legenda berdiri di barisan AMIN. Amin aja dulu"

Lalu benarkah postingan video konser Rhoma Irama dan Iwan Fals berduet mendukung pasangan Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar (AMIN)? Simak hasil penelusurannya di sini.....

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Dokter Terawan Ungkap Rahasia Singkirkan Hipertensi

Cek Fakta Liputan6.com mendapati klaim video Dokter Terawan Agus Putranto mengungkap rahasia menyingkirkan hipertensi, informasi tersebut diunggah salah satu akun Facebook, pada 19 Januari 2024.

Klaim video Dokter Terawan Agus Putranto mengungkap rahasia menyingkirkan hipertensi menampilkan seorang berbicara menggunakan mic dengan logo KompasTv.

Berikut transkripnya:

"Berita terbaru dokter terkenal di Indonesia Terawan Agus Putranto telah mengungkapkan rahasia bagaimana menyingkirkan hipertensi untuk selamanya, dia mengklaim aktor terkenal yang meninggal karena hipertensi dapat diselamatkan jika obat ini tersedia lebih awal.

Lebih lanjut mengenai akan diungkap oleh Terawan Agus Putranto sendiri."

Video dilanjutkan dengan menampilkan Dokter Terawan mengenakan jas dan dasi berbicara.

Berikut transkripnya:

"Salam saya ingin berbagi dengan anda sebuah obat inovatif yang akan menyingkirkan hipertensi dan membuat tekanan darah anda menjadi normal, produk ini dibuat eksklusif dari bahan-bahan alami.

Saya secara pribadi berpartisipasi dalam pembuatan produk ini dan secara pribadi dapat menjamin keefektifannya, ratusan pasien saya telah menggunakan produk ini dan sekarang saya menerima surat ucapan terimakasih setiap hari.

Saat ini anda memiliki kesempatan mendapatkan diskon 50 persen, jangan lewatkan kesempatan untuk menyingkirkan hipertensi untuk selamanya."

Dalam video terdapat tulisan sebagai berikut:

"MASALAH HIPERTENSI

ORANG INDONESIA SEKARAT AKIBAT PENYUMBATAN ARTERI"

Video tersebut diberi keterangan sebagai berikut:

"Metode yang sederhana dan efektif. Produk ini ada di setiap rumah!"

Benarkah klaim video Dokter Terawan ungkap rahasia singkirkan hipertensi? Simak hasil penelusuran Cek Fakta Liputan6.com dalam halaman berikut ini.....

 

3 dari 4 halaman

Video Gibran Nyantri Bersama Anies Baswedan

Cek Fakta Liputan6.com mendapati klaim video Gibran nyantri bersama Anies Baswedan, informasi tersebut diunggah salah satu akun Facebook, pada 14 Januari 2024.

Unggahan klaim video Gibran nyantri bersama Anies Baswedan menampilkan sejumlah orang mengenakan baju putih, terlihat di antara orang tersebut sosok Gibran Rakabuming Raka mengenakan penutup kepala hitam.

Dalam video tersebut pun terlihat Anies Baswedan sedang berbicara sambil berdiri di antara sejumlah orang berbaju putih yang sedang duduk ke arahnya.

Video tersebut diberi keterangan sebagai berikut.

"Gus Miftah dan Gibran nyantri bareng Abah Anies Baswedan"

Benarkah klaim video Gibran nyantri bersama Anies Baswedan? Simak penelusuran Cek Fakta Liputan6.com dalam halaman berikut ini.....

 

4 dari 4 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Melawan hoaks sama saja melawan pembodohan. Itu yang mendasari kami membuat Kanal Cek Fakta Liputan6.com pada 2018 dan hingga kini aktif memberikan literasi media pada masyarakat luas.

Sejak 2 Juli 2018, Cek Fakta Liputan6.com bergabung dalam International Fact Checking Network (IFCN) dan menjadi partner Facebook. Kami juga bagian dari inisiatif cekfakta.com. Kerja sama dengan pihak manapun, tak akan mempengaruhi independensi kami.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Ingin lebih cepat mendapat jawaban? Hubungi Chatbot WhatsApp Liputan6 Cek Fakta di 0811-9787-670 atau klik tautan berikut ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.