Sukses

UNICEF Indonesia Dukung Program Literasi Keuangan Keluarga dari BKKBN

UNICEF Indonesia mengapresiasi langkah BKKBN dalam mempromosikan program literasi keuangan keluarga di Indonesia.

 

Liputan6.com, Jakarta - Dana Anak-Anak Perserikatan Bangsa-Bangsa atau UNICEF Indonesia mendukung langkah Badan Kependudukan dan keluarga Berencana Nasional (BKKBN) dalam mempromosikan program literasi keuangan keluarga di Indonesia.

UNICEF Indonesia menilai, prgram tersebut dapat meningkatkan pemahaman para orang tua Indonesia untuk terus memprioritaskan kebutuhan esensial anak selama pandemi COVID-19 kemarin.

Spesialis Pendidikan untuk Program Pengembangan Anak Usia Dini (PAUD) UNICEF Indonesia, Nurgroho Indera Warman mengatakan, program literasi keuangan keluarga di Kabupaten Sorong dan Raja Ampat telah mengatasi hambatan dalam pemenuhan kebutuhan penting anak usia dini akibat pandemi COVID-19.

"Program literasi keuangan keluarga BKKBN menjadi jembatan agar kebutuhan esensial anak tetap terpenuhi di rumah dengan memanfaatkan sumber daya yang ada, termasuk menyisihkan uang yang saat itu terbatas ditambah layanan terkait juga banyak yang tutup," tutur Nugroho pada acara Diseminasi Hasil Uji Coba Modul Literasi Keuangan Keluarga di Jakarta, dikutip Rabu (11/10/2023). 

Melalui program ini, BKKBN juga telah menyumbangkan pengetahuan seputar keterampilan parenting yang baik kepada para orang tua di Indonesia, terutama saat pandemi COVID-19. Menurut Nugroho, perlu edukasi ekstra untuk para orang tua dalam mengasuh dan mendidik anaknya sesuai dengan protokol kesehatan guna memutus rantai penyebaran COVID-19.

Nugroho menjelaskan, orangtua yang mengikuti pelatihan program ini menjadi lebih percaya diri dalam menyesuaikan pola asuh dan mampu mengidentifikasi prioritas kebutuhan anak-anak mereka. Selain itu, program ini juga menyadarkan para orang tua akan pentingnya konsep menabung demi masa depan anak-anak mereka.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

UNICEF Dukung Program BKKBN Berbasis Digital

Dalam rangka mendukung implementasi program ini secara sempurna, UNICEF Indonesia berkolaborasi dengan BKKBN dalam mengembangkan program literasi keuangan keluarga berbasis digital.

Sejalan dengan kemajuan zaman yang semakin canggih, tujuan utama dari kolaborasi ini untuk menciptakan integrasi yang mulus dengan sistem manajemen pelatihan daring milik BKKBN, sehingga materi literasi keuangan dapat diakses dengan mudah dan cepat melalui platform e-learning.

Selain itu, kolaborasi ini juga mencakup upaya perubahan perilaku, khususnya dalam mengadaptasi pola pengasuhan yang lebih relevan dengan tuntutan zaman. Para orangtua diharapkan dapat menyesuaikan pola parenting mereka sesuai dengan kondisi dan situasi yang ada.

Salah satu sasaran dari kerja sama ini adalah untuk terus meningkatkan kesadaran orang tua terhadap pentingnya menabung dan membantu memastikan semua kebutuhan penting anak usia dini terpenuhi, mulai dari mengikuti kelas pembelajaran hingga secara rutin membawa anak-anak ke posyandu atau puskesmas sesuai jadwal yang telah ditetapkan.

3 dari 3 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Melawan hoaks sama saja melawan pembodohan. Itu yang mendasari kami membuat Kanal Cek Fakta Liputan6.com pada 2018 dan hingga kini aktif memberikan literasi media pada masyarakat luas.

Sejak 2 Juli 2018, Cek Fakta Liputan6.com bergabung dalam International Fact Checking Network (IFCN) dan menjadi partner Facebook. Kami juga bagian dari inisiatif cekfakta.com. Kerja sama dengan pihak manapun, tak akan mempengaruhi independensi kami.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Ingin lebih cepat mendapat jawaban? Hubungi Chatbot WhatsApp Liputan6 Cek Fakta di 0811-9787-670 atau klik tautan berikut ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.