Sukses

Video Wanita Terjatuh di Stasiun MRT Ini Bukan di Jakarta dan Taiwan, Simak Faktanya

Beredar di media sosial dan aplikasi percakapan postingan video yang menyebut ada seorang wanita meninggal dunia setelah jatuh dari tangga MRT Jakarta.

Liputan6.com, Jakarta - Beredar di media sosial dan aplikasi percakapan postingan video yang menyebut ada seorang wanita meninggal dunia setelah jatuh dari tangga MRT Jakarta. Postingan itu beredar sejak beberapa waktu lalu.

Sebelumnya video tersebut juga beredar melalui media sosial dengan menyebutkan peristiwanya terjadi di MRT Taiwan. Berikut isi narasi dalam video tersebut:

"Kronologis kejadian melalui CCTV di setasiun MRT. Wanita itu turun tangga sambil lihat ponsel...tidak fokus melihat tangga lalu terpeleset jatuh dgn leher patah meninggal seketika dan langsung di bawa ke RSCM utk di otopsi. Pihak KAI mengirim berita ini agar perhatian publik bahaya melihat HP sambil berjalan, naik/turun tangga, nyetir dll.."

Lalu benarkah postingan video yang menyebut ada seorang wanita meninggal dunia setelah jatuh dari tangga MRT Jakarta?

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Penelusuran Fakta

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri dan menemukan artikel dari website periksa fakta Pemprov DKI Jakarta, Jalahoaks.jakarta.go.id. Di sana terdapat artikel berjudul "[HOAKS] - VIDEO WANITA TERPELESET DI LINTAS TANGGA TURUN STASIUN MRT DUKUH ATAS" yang tayang pada 13 Oktober 2021.

Dalam artikel tersebut terdapat bantahan dari pihak MRT Jakarta.

"Video tersebut bukan di MRT Jakarta. Sepertinya di luar negeri cuma tidak tahu tepatnya di mana. Karena di dinding MRT Jakarta bersih tidak ada frame-frame seperti yang di video tersebut. Dan kalau di MRT Dukuh Atas, di bagian samping tangga selalu ada eskalator", bunyi pernyataan pihak PT. MRT Jakarta (Perseroda).

Penelusuran dilanjutkan dan menemukan artikel dari website pemeriksa fakta asal India, Newsmeter.in. Artikel tersebut berjudul "Fact Check: Video of woman falling down subway stairs is from China; no she did not die in accident" yang tayang pada 4 Oktober 2021.

Dalam artikel tersebut dijelaskan bahwa kejadian tersebut bukan berasal dari Jakarta atau Taiwan. Dilansir dari media China, The Paper peristiwanya terjadi di Hefei City, Provinsi Anhui, China pada 17 Oktober 2020.

Menurut laporan The Paper, wanita tersebut juga tidak meninggal dunia melainkan mengalami luka serius di wajahnya. Wanita tersebut juga langsung dilarikan ke RS untuk mendapat perawatan.

Sumber:

https://jalahoaks.jakarta.go.id/detail/HOAKS-Video-Wanita-Terpeleset-di-Lintas-Tangga-Turun-Stasiun-MRT-Dukuh-Atas

https://newsmeter.in/fact-check/fact-check-video-of-woman-falling-down-subway-stairs-is-from-china-no-she-did-not-die-in-accident-684122#

https://www.thepaper.cn/newsDetail_forward_9615808

https://www.facebook.com/watch/?v=717075165822375

3 dari 4 halaman

Kesimpulan

Postingan video yang menyebut ada seorang wanita meninggal dunia setelah jatuh dari tangga MRT Jakarta atau Taiwan adalah tidak benar. Faktanya peristiwa tersebut terjadi di China.

4 dari 4 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Melawan hoaks sama saja melawan pembodohan. Itu yang mendasari kami membuat Kanal Cek Fakta Liputan6.com pada 2018 dan hingga kini aktif memberikan literasi media pada masyarakat luas.

Sejak 2 Juli 2018, Cek Fakta Liputan6.com bergabung dalam International Fact Checking Network (IFCN) dan menjadi partner Facebook. Kami juga bagian dari inisiatif cekfakta.com. Kerja sama dengan pihak manapun, tak akan mempengaruhi independensi kami.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Ingin lebih cepat mendapat jawaban? Hubungi Chatbot WhatsApp Liputan6 Cek Fakta di 0811-9787-670 atau klik tautan berikut ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini