Sukses

Deretan Hoaks Seputar SBY, Simak Faktanya

Hoaks bisa menyerang siapa saja termasuk mantan Presiden RI, Susilo Bambang Yudhoyono.

Liputan6.com, Jakarta - Hoaks bisa menyerang siapa saja termasuk mantan Presiden RI, Susilo Bambang Yudhoyono. Hoaks ini menyebar melalui media sosial maupun aplikasi percakapan.

Lalu apa saja hoaks terkait SBY? Berikut beberapa di antaranya:

1. Cek Fakta: Hoaks Video Polri Tangkap SBY Buntut Kegaduhan di MK

Kabar tentang Polri menangkap Presiden ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) buntut kegaduhan di Mahkamah Konstitusi (MK) beredar di media sosial. Kabar tersebut disebarkan salah satu akun Facebook pada 1 Juni 2023.

Akun Facebook tersebut mengunggah video berjudul VIRAL..!! TANGKAP SBY MENGGEMA POLRI LANGSUNG BERGERAK CEPAT LAKUKAN INI.

Video berdurasi 8 menit 11 detik itu menampilkan gambar thumbnail sosok SBY yang tengah mengenakan baju tahanan berwarna oranye dan tengah dikawal sejumlah petugas kepolisian. Video itu kemudian dikaitkan dengan kabar bahwa Polri telah menangkap SBY buntut kegaduhan di MK.

"V1ral ~ Po1ri Tangkap Sby Buntut Keg4duhan Di Mk, Des4kan Masyar4kat Menggem4," tulis salah satu akun Facebook.

Konten yang disebarkan akun Facebook tersebut telah 813 kali ditonton dan mendapat 3.200 komentar dari warganet.

Benarkah kabar Polri menangkap SBY buntut kegaduhan di MK? Simak dalam artikel berikut ini...

2. Cek Fakta: Tidak Benar dalam Foto Ini AHY dan Keluarga Berwisata Saat SBY Berobat ke Amerika Serikat

Kabar tentang keluarga Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) berwisata saat Presiden RI ke-6 Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) berobat ke Amerika Serikat beredar di media sosial. Kabar tersebut disebarkan oleh salah satu akun Facebook pada 5 November 2021.

Akun Facebook tersebut mengunggah foto AHY bersama istri Annisa Pohan dan putrinya. Mereka terlihat tengah berpose di atas sebuah bangunan tinggi dengan latar belakang gedung pencakar langit.

Foto tersebut kemudian dikaitkan dengan kegiatan liburan AHY dan keluarga di Amerika Serikat bersamaan dengan pengobatan yang dilakukan SBY.

"Mau nanya ... apa benar info ini yg katanya SBY berobat ke Amerika bawa 26 orang ?Kalo bener, .... itu liburan keluarga apa berobat ?" tulis akun Facebook tersebut.

Konten yang disebarkan akun Facebook tersebut telah 5 kali dibagikan dan mendapat 53 komentar warganet.

Benarkah AHY dan keluarga berlibur ke Amerika Serikat bersamaan dengan pengobatan yang dilakukan SBY? Simak dalam artikel berikut ini...

3. Cek Fakta: Tidak Benar dalam Foto Ini Jokowi Membaca Buku "SBY Mangkrak"

Beredar di media sosial foto Jokowi sedang membaca sebuah buku berjudul "SBY Mangkrak". Foto tersebut dibagikan pada awal bulan Agustus ini.

Dalam foto tersebut, Jokowi tampak duduk di sebuah ruangan sambil membaca buku berwarna putih. Buku tersebut berjudul "SBY SELALU MANGKRAK". Jokowi tampak mngkerutkan dahi saat membaca buku tersebut.

Unggahan yang dibagikan oleh akun Facebook Zack Zuckerberg pada 5 Agustus 2021 ini mendapatkan 26 komentar dan disukai 72 warganet.

Benarkah foto unggahan tersebut adalah Jokowi sedang membaca buku dengan judul “SBY Mangkrak”? Simak dalam artikel berikut ini...

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Melawan hoaks sama saja melawan pembodohan. Itu yang mendasari kami membuat Kanal Cek Fakta Liputan6.com pada 2018 dan hingga kini aktif memberikan literasi media pada masyarakat luas.

Sejak 2 Juli 2018, Cek Fakta Liputan6.com bergabung dalam International Fact Checking Network (IFCN) dan menjadi partner Facebook. Kami juga bagian dari inisiatif cekfakta.com. Kerja sama dengan pihak manapun, tak akan mempengaruhi independensi kami.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Ingin lebih cepat mendapat jawaban? Hubungi Chatbot WhatsApp Liputan6 Cek Fakta di 0811-9787-670 atau klik tautan berikut ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.