Sukses

Daftar Hoaks Seputar Robot, dari Jadi Istri hingga Prajurit Militer

Liputan6.com, Jakarta- Cek Fakta Liputan6.com telah mendapati sejumlah hoaks seputar robot, fungsi yang disajikan dalam kabar bohong tersebut pun beragam mulai dari sebagi istri hingga militer.

Hoaks seputar robot ini beredar di tengah masyarakat lewat media sosial dan aplikasi percakapan, kondisi ini harus diwaspadai agar kita tidak mempercayainya sebab dapat merugikan.

Berikut kumpulan hoaks seputar robot.

Foto Robot Istri yang Sedang Dibuat Elon Musk

Cek Fakta Liputan6.com mendapati klaim foto Elon Musk sedang membuat robot istri, informasi tersebut diunggah salah satu akun Facebook, pada 17 Mei 2023.

Unggahan klaim foto Elon Musk sedang membuat robot istri menampilkan rangkaian foto Elon Musk berasama dengan sosok berkepala wanita berambut panjang berbadan robot.

Foto tersebut diberi keterangan sebagai berikut.

"Elon Musk sedang membuat robot istri dan sudah dalam tahap final....Ada yang mau ? lumayan...istri penurut,tidak banyak menuntut dan dijamin tidak.bakal selingkuh ūüôā"

Benarkah klaim foto Elon Musk sedang membuat robot istri? Simak hasil penelusuran Cek Fakta Liputan6.com dalam halaman berikut ini....

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini

2 dari 4 halaman

Robot Pembuang Mayat Otomatis

Cek Fakta Liputan6.com mendapati klaim video penampakan robot pembuangan mayat otomatis. Informasi tersebut diunggah salah satu akun Facebook, pada 1 Juli 2022.

Unggahan klaim video penampakan pembuangan mayat otomatis tersebut menampilkan benda menyerupai kendaraan dengan roda rantai yang bisa mengambil boneka berbentuk manusia dan dimasukan ke dalam lubang kotak pada kendaraan tersebut.

Video ini diberi keterangan sebagai berikut.

"Robot pemulihan dan pembuangan mayat otomatis"

Benarkah klaim video penampakan robot pembuangan mayat otomatis? Simak hasil penelusuran Cek Fakta Liputan6.com dalam halaman berikut ini.... 

3 dari 4 halaman

Penampakan Robot Perang Buatan Militer Amerika Serikat

Sebuah video yang diklaim robot buatan Amerika Serikat dan telah disiapkan untuk berperang beredar di media sosial. Video tersebut disebarkan salah satu akun Facebook pada 30 Oktober 2022.

Video berdurasi 1 menit 46 detik itu memperlihatkan sebuah robot sedang dilatih menembak sasaran. Robot tersebut memiliki tangan dan kaki mirip manusia.

Video itu kemudian dikaitkan dengan robot perang yang telah dimiliki militer Amerika Seriat dan siap digunakan untuk berperang.

"Robot perang buatan AS, bukan tidak mungkin kedepan militer AS akan menggunakan robot ini untuk berperang

#terminatorera," tulis salah satu akun Facebook.

Konten yang disebarkan akun Facebook tersebut telah 64 kali ditonton dan beberapa kali direspons warganet.

Benarkah dalam video tersebut merupakan robot perang buatan militer Amerika Serikat? Simak hasil penelusurannya di sini.

 

4 dari 4 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Melawan hoaks sama saja melawan pembodohan. Itu yang mendasari kami membuat Kanal Cek Fakta Liputan6.com pada 2018 dan hingga kini aktif memberikan literasi media pada masyarakat luas.

Sejak 2 Juli 2018, Cek Fakta Liputan6.com bergabung dalam International Fact Checking Network (IFCN) dan menjadi partner Facebook. Kami juga bagian dari inisiatif cekfakta.com. Kerja sama dengan pihak manapun, tak akan mempengaruhi independensi kami.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Ingin lebih cepat mendapat jawaban? Hubungi Chatbot WhatsApp Liputan6 Cek Fakta di 0811-9787-670 atau klik tautan berikut ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini