Sukses

Cek Fakta: Hoaks Jusuf Hamka Bagikan Uang Rp 20 Juta Hanya dengan Susun Kata di Facebook

Liputan6.com, Jakarta - Beredar di media sosial postingan pengusaha Jusuf Hamka membagikan uang Rp 20 juta hanya dengan menyusun kata di Facebook. Postingan itu beredar sejak beberapa waktu lalu.

Salah satu akun bernama Yusuf Hamka Real mempostingnya di Facebook. Akun itu mengunggahnya pada 24 Mei 2023.

Dalam postingannya terdapat narasi sebagai berikut:

"Yang bisa susun kata di atas saya janji akan transfer 20JT untuk kalian tanpa diundi"

Lalu benarkah postingan yang mengklaim pengusaha Jusuf Hamka membagikan uang Rp 20 juta hanya dengan menyusun kata di Facebook?

2 dari 4 halaman

Penelusuran Fakta

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri dengan mengunjungi akun resmi Jusuf Hamka di Instagram, @jusufhamka yang sudah bercentang biru atau terverifikasi.

Di sana terdapat unggahan yang meminta masyarakat mewaspadai penipuan mencatut nama Jusuf Hamka. Dalam unggahan akun @jusufhamka yang sudah bercentang biru atau terverifikasi pada 31 Maret 2023, di sana dijelaskan bahwa akun media sosial Jusuf Hamka ada dua yakni @jusufhamka di Instagram dan @mohjusufhamka_official di Tiktok.

Berikut narasi dalam unggahan itu:

"HATI2 PENIPUANā€ , banyak org2 yg tdk bertanggung jawab, melakukan penipuan dng menggunakan nama SayašŸ™šŸ» Utk itu sy tegaskan kembali melalui VIDEO diatas inišŸ‘Œ Mohon tdk mudah PERCAYA kpd Akun2 lain, Kecuali IG dan Tik Tok spt vidio diatas inišŸ‘†šŸ™šŸ» Bila ada yg minta2 no rekening atau Uang administrasi, mohon jangan dilayani, krn itu pasti PENIPUANšŸ‘Œā€THINK SMART, DO SMART AND BE SMART"

Selain itu postingan yang beredar viral di Facebook mengarahkan masyarakat pada link tertentu. Ini merupakan modus pencurian data ataupun terhubung dengan pinjaman online ilegal.

Ā 
Ā 
Ā 
View this post on Instagram

A post shared by Jusuf Hamka | Babah Alun (@jusufhamka)

Sumber:

https://www.instagram.com/p/CqcanfbgAXC/?hl=en

3 dari 4 halaman

Kesimpulan

Postingan yang mengklaim pengusaha Jusuf Hamka membagikan uang Rp 20 juta hanya dengan menyusun kata di Facebook adalah hoaks.

4 dari 4 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Melawan hoaks sama saja melawan pembodohan. Itu yang mendasari kami membuat KanalĀ Cek Fakta Liputan6.comĀ pada 2018 dan hingga kini aktif memberikan literasi media pada masyarakat luas.

Sejak 2 Juli 2018,Ā Cek Fakta Liputan6.comĀ bergabung dalamĀ International Fact Checking Network (IFCN)Ā dan menjadi partner Facebook. Kami juga bagian dari inisiatifĀ cekfakta.com. Kerja sama dengan pihak manapun, tak akan mempengaruhi independensi kami.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Ingin lebih cepat mendapat jawaban? Hubungi Chatbot WhatsApp Liputan6 Cek Fakta di 0811-9787-670 atau klik tautanĀ berikut ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini