Sukses

Cek Fakta: Hoaks Video Ida Dayak Menangis Usai Sembuhkan Pangeran Al-Waleed dari Arab Saudi

Beredar di media sosial postingan video yang mengklaim Ida Dayak menangis setelah menyembuhkan Pangeran Al-Waleed dari Arab Saudi.

Liputan6.com, Jakarta - Beredar di media sosial postingan video yang mengklaim Ida Dayak menangis setelah menyembuhkan Pangeran Al-Waleed dari Arab Saudi. Postingan itu beredar sejak pekan lalu.

Salah satu akun ada yang mempostingnya di Facebook. Akun itu mengunggahnya pada 8 April 2023.

Dalam unggahannya terdapat video berjudul "Vidio Ini Viral Di Tiktok - Ibu Ida Dayak Meneteskan Air Mata Saat Al-Waleed Sembuh Dari Penyakitnya"

Video itu mengklaim Pangeran Al-Waleed akhirnya sembuh dan sadar setelah diberikan terapi oleh Ida Dayak. Video itu juga mengklaim kedatangan Ida Dayak karena permintaan Raja Salman kepada Presiden Jokowi.

Video itu juga mengklaim tangis haru mewarnai proses terapi yang akhirnya berhasil.

Lalu benarkah postingan video yang mengklaim Ida Dayak menangis setelah menyembuhkan Pangeran Al-Waleed dari Arab Saudi?

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Penelusuran Fakta

Beberapa hoaks terkait Ida Dayak yang diklaim telah menyembuhkan Pangeran Al-Waleed beredar di masyarakat belakangan ini. Namun setelah dilakukan penelusuran tidak ada informasi valid dari media arus utama yang mengabarkan kabar tersebut.

Selain itu dalam video yang diposting juga hanya terdapat potongan video Ida Dayak serta Pangeran Al-Waleed yang tidak saling berkaitan.

Liputan6.com kemudian menemukan video berisi klarifikasi dari Ida Dayak perihal isu dirinya menyembuhkan pangeran Arab Saudi yang mengalami koma selama 17 tahun.

Video tersebut berjudul "ibu Ida Dayak klarifikasi" yang diunggah channel YouTube petualang ibu dayak pada 8 April 2023.

Pada menit ke 6 detik ke 28, seorang wanita tengah mewawancarai Ida Dayak perihal kabar telah menyembuhkan pangeran Arab Saudi yang mengalami koma selama 17 tahun.

"Kakak Ida diundang Raja Arab Saudi?" tanya wanita tersebut.

"Enggak, belum," jawab Ida Dayak.

Ida Dayak kemudian menyebut bahwa kabar tersebut adalah hoaks. Ia tidak pernah bertemu dan menyembuhkan pangeran Arab Saudi yang koma selama 17 tahun.

"Berita-berita hoaks yang enggak benar itu, yang dibikin-bikin itu, biarlah enggak apa-apa. Biarlah dia bikin apa terserah aja," ucap Ida Dayak.

Sumber:

https://www.youtube.com/watch?v=UBoBqM0nTEE

https://www.liputan6.com/cek-fakta/read/5257144/cek-fakta-hoaks-kabar-ida-dayak-sembuhkan-pangeran-arab-saudi-yang-17-tahun-koma

https://www.liputan6.com/cek-fakta/read/5257653/cek-fakta-hoaks-ida-dayak-jadi-trending-di-tv-arab-saudi-usai-sembuhkan-pangeran-arab-saudi

3 dari 4 halaman

Kesimpulan

Postingan video yang mengklaim Ida Dayak menangis setelah menyembuhkan Pangeran Al-Waleed dari Arab Saudi adalah hoaks.

4 dari 4 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Melawan hoaks sama saja melawan pembodohan. Itu yang mendasari kami membuat Kanal Cek Fakta Liputan6.com pada 2018 dan hingga kini aktif memberikan literasi media pada masyarakat luas.

Sejak 2 Juli 2018, Cek Fakta Liputan6.com bergabung dalam International Fact Checking Network (IFCN) dan menjadi partner Facebook. Kami juga bagian dari inisiatif cekfakta.com. Kerja sama dengan pihak manapun, tak akan mempengaruhi independensi kami.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Ingin lebih cepat mendapat jawaban? Hubungi Chatbot WhatsApp Liputan6 Cek Fakta di 0811-9787-670 atau klik tautan berikut ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini