Sukses

Hoaks Terkini Seputar Mario Dandy dan Rafael Alun, Simak Faktanya

Liputan6.com, Jakarta - Aksi penganiayaan yang dilakukan Mario Dandy Satrio dan kepemilikan harta tak wajar orang tuanya, Rafael Alun Sambodo membuat geram publik.

Hoaks seputar kedua sosok tersebut pun masih bermunculan, seiring dengan perkembangan kasus dan temuan baru dari hasil pemeriksaan penegak hukum.

Cek Fakta Liputan6.com pun telah mendapati hoaks terkini seputar Mario Dandy Satrio dan Rafael Alun Sambodo, setelah melakukan penelusuran pada sejumlah informasi yang beredar.

Berikut kumpulan hoaks terkini seputar Mario Dandy Satrio dan Rafael Alun Trisambodo.

Hakim Vonis Mati Mario Dandy Atas Kasus Pembunuhan Berencana

Kabar tentang Majelis Hakim menjatuhkan hukuman mati terhadap Mario Dandy atas kasus pembunuhan berencana beredar di media sosial. Kabar tersebut disebarkan salah satu akun Facebook pada 20 Maret 2023.

Akun Facebook tersebut mengunggah video berjudul "BREAKING NEWS KEPUTUSAN MUTLAK SIDANG HAKIM RESMI TUNTUT HUKUMAN MATI MARIO DANDY".

Video berdurasi 9 menit 22 detik itu memuat gambar thumbnail sejumlah hakim konstitusi. Selanjutnya, ada juga gambar Mario Dandy yang memakai baju tahanan oranye sedang digiring sejumlah petugas kepolisian.

Video itu kemudian dikaitkan dengan kabar bahwa Mario Dandy dijatuhi hukuman mati oleh Majelis Hakim atas kasus pembunuhan berencana.

"HAKIM J4TUH! HVKUM4N M4T! PADA MARIO DANDY ATAS P£MBVNUH4N BER£NC4NA," tulis salah satu akun Facebook.

Benarkah Mario Dandy dijatuhi hukuman mati oleh majelis hakim atas kasus pembunuhan berencana? Simak hasil penelusurannya di sini..

2 dari 3 halaman

Webinar Hadirkan Rafael Alun Trisambodo dengan Tema Bangun Budaya Integritas di Lingkungan Pemerintah

Beredar di media sosial postingan membangun budaya integritas di lingkungan pemerintah yang diadakan oleh Rafael Alun Trisambodo. Postingan ini beredar sejak pekan lalu.

Salah satu akun ada yang mempostingnya di Facebook. Akun itu mengunggahnya pada 9 Maret 2023.

Dalam postingannya terdapat poster dengan judul "Talkshow membangun budaya integritas di lingkungan pemerintah".

Poster itu disertai foto Rafael Alun Trisambodo dan disertai narasi: "Jumat, 24 Maret 2023, 10.00-11.00 WIB, doorprize: Moge Harley Davidson, mobil Rubicon. Free Live via Youtube"

Lalu benarkah postingan ajakan mengikuti talkshow membangun budaya integritas di lingkungan pemerintah yang diadakan oleh Rafael Alun Trisambodo? Simak hasil penelusurannya di sini..

3 dari 3 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Melawan hoaks sama saja melawan pembodohan. Itu yang mendasari kami membuat Kanal Cek Fakta Liputan6.com pada 2018 dan hingga kini aktif memberikan literasi media pada masyarakat luas.

Sejak 2 Juli 2018, Cek Fakta Liputan6.com bergabung dalam International Fact Checking Network (IFCN) dan menjadi partner Facebook. Kami juga bagian dari inisiatif cekfakta.com. Kerja sama dengan pihak manapun, tak akan mempengaruhi independensi kami.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Ingin lebih cepat mendapat jawaban? Hubungi Chatbot WhatsApp Liputan6 Cek Fakta di 0811-9787-670 atau klik tautan berikut ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.