Sukses

Cek Fakta: Satir Webinar Hadirkan Rafael Alun Trisambodo dengan Tema Bangun Budaya Integritas di Lingkungan Pemerintah

Beredar di media sosial postingan membangun budaya integritas di lingkungan pemerintah yang diadakan oleh Rafael Alun Trisambodo. Postingan ini beredar sejak pekan lalu.

Liputan6.com, Jakarta - Beredar di media sosial postingan membangun budaya integritas di lingkungan pemerintah yang diadakan oleh Rafael Alun Trisambodo. Postingan ini beredar sejak pekan lalu.

Salah satu akun ada yang mempostingnya di Facebook. Akun itu mengunggahnya pada 9 Maret 2023.

Dalam postingannya terdapat poster dengan judul "Talkshow membangun budaya integritas di lingkungan pemerintah".

Poster itu disertai foto Rafael Alun Trisambodo dan disertai narasi: "Jumat, 24 Maret 2023, 10.00-11.00 WIB, doorprize: Moge Harley Davidson, mobil Rubicon. Free Live via Youtube"

Lalu benarkah postingan ajakan mengikuti talkshow membangun budaya integritas di lingkungan pemerintah yang diadakan oleh Rafael Alun Trisambodo?

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Penelusuran Fakta

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri dan menemukan artikel dari Merdeka.com berjudul "Beredar Webinar Hadirkan Rafael Alun Sampai Andhi Pramono, KemenPANRB Beri Penjelasan" yang diunggah pada 15 Maret 2023.

Dalam artikel tersebut terdapa bantahan dari Sekretaris Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemen PANRB), Rini Widyantini.

"Tidak ada webinar itu, sepertinya hoaks. Kami mengimbau pada seluruh masyarakat, khususnya ASN atau PNS untuk berhati-hati dan tidak percaya jika menerima poster tersebut," kata Rini.

Rafael Alun Trisambodo sendiri disorot karena kasus penganiayaan yang dilakukan anaknya, Mario Dandy terhadap David Ozora. Mantan Pejabat Ditjen Pajak Kemenkeu ini juga sedang direkomendasikan dipecat sebagai ASN karena terbukti ada pelanggaran disiplin berat.

Sumber:

https://www.merdeka.com/cek-fakta/beredar-webinar-hadirkan-rafael-alun-sampai-andhi-pramono-kemenpanrb-beri-penjelasan.html

3 dari 4 halaman

Kesimpulan

Postingan ajakan mengikuti talkshow membangun budaya integritas di lingkungan pemerintah yang diadakan oleh Rafael Alun Trisambodo adalah tidak benar. Postingan tersebut adalah satir namun bisa menyesatkan masyarakat jika tidak dibaca secara teliti.

4 dari 4 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Melawan hoaks sama saja melawan pembodohan. Itu yang mendasari kami membuat Kanal Cek Fakta Liputan6.com pada 2018 dan hingga kini aktif memberikan literasi media pada masyarakat luas.

Sejak 2 Juli 2018, Cek Fakta Liputan6.com bergabung dalam International Fact Checking Network (IFCN) dan menjadi partner Facebook. Kami juga bagian dari inisiatif cekfakta.com. Kerja sama dengan pihak manapun, tak akan mempengaruhi independensi kami.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Ingin lebih cepat mendapat jawaban? Hubungi Chatbot WhatsApp Liputan6 Cek Fakta di 0811-9787-670 atau klik tautan berikut ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.