Sukses

Hoaks Penampakan Hewan Langka, dari Kucing sampai Burung Garuda

Berikut kumpulan hoaks seputar penampakan hewan langka

Liputan6.com, Jakarta- Penampakan hewan langka kerap dijadikan bahan hoaks, biasanya kabar bohong tersebut sajikan dengan tampilan foto atau video.

Cek Fakta Liputan6.com pun telah menemukan sejumlah hoaks penampakan hewan langka, setelah melakukan penelusuran pada sejumlah informasi viral.

Berikut kumpulan hoaks seputar penampakan hewan langka.

Foto Kucing Langka Ditemukan di Hutan Hujan Amazon

<p>Gambar Tangkapan Layar Foto yang Diklaim Kucing Langka dari Hutan Hujan Amazon (sumber: Facebook).</p>

Sebuah foto yang diklaim kucing langka ditemukan di hutan hujan Amazon beredar di media sosial. Foto tersebut disebarkan salah satu akun Facebook pada 15 Maret 2023.

Akun Facebook tersebut mengunggah gambar foto kucing bercorak atau berbulu kuning dan hitam. Kucing tersebut terlihat dari samping, kemudian foto tersebut diklaim sebagai kucing langka yang ditemukan di hutan hujan Amazon.

"Snake Kat from the rain

forests of the Amazon," tulis salah satu akun Facebook pada 15 Maret 2023.

Konten yang disebarkan akun Facebook telah beberapa kali direspons dan empat kali dibagikan oleh warganet usai diunggah pada 15 Maret 2023 lalu.

Benarkah dalam foto itu merupakan kucing langka yang ditemukan di hutan Amazon? Simak hasil penelusurannya dalam halaman berikut ini...

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Foto Penampakan Hewan Armadillo Berkepala Manusia

<p>Gambar Tangkapan Layar Foto yang Diklaim Penampakan Hewan Armadilo Berkepala Manusia (sumber: Facebook).</p>

Sebuah foto yang diklaim penampakan hewan armadillo berkepala manusia beredar di media sosial. Foto tersebut disebarkan salah satu akun Facebook pada 11 Agustus 2022.

Akun Facebook tersebut mengunggah foto makhluk berkaki empat, memiliki punggung mirip armadillo, dan berkepala manusia.

Foto itu kemudian dikaitkan dengan penemuan hewan langka jenis armadillo dan memiliki kepala manusia.

"Unik Dan Langka, Potret Penemuan Hewan Armadillo Memiliki Bentuk Kepala Seperti Manusia," tulis salah satu akun Facebook.

Konten yang disebarkan akun Facebook tersebut telah 54 kali dibagikan dan mendapat 177 komentar dari warganet.

Benarkah foto tersebut merupakan penampakan hewan armadillo berkepala manusia? Simak hasil penelusurannya dalam halam berikut ini...

 

3 dari 4 halaman

Video Kemunculan Burung Garuda di Jawa Timur

Penelusuran klaim video burung garuda di Jawa Timur

Cek Fakta Liputan6.com mendapati klaim video yang menampilkan burung garuda di Jawa Timur. Kabar tersebut beredar lewat aplikasi percakapan WhatsApp.

klaim video burung garuda di Jawa Timur menampilan seekor burung yang mengempakan sayapnya di atas bukit dan terlihat ada sejumlah orang sedang mengamati burung tersebut.

Dalan video tersebut terdapat narasi tulisan sebagai berikut.

"Burung Garuda Mundul di Jawa Timur

Ternyata Burung Garuda Bukan Mitos Negara Indonesia

Berbanggalah Kita Bisa Melihat Langsung Meski Melalui Video

Raja Dari Segala Burung Yang Palung Ditakuti

Pertanda Apa Dengan Kemunculan Burung Gardua Ini Bagi Negara Indonesia"

Video tersebut diberi keterangan sebagai berikut.

"Selama ini hanya melihat gambar burung Garuda sebagai lambang negara,sekarang bisa melihat aslinya,walaupun di media."

Benarkah klaim video burung garuda di Jawa Timur? Simak hasil penelusuran Cek Fakta Liputan6.com dalam artikel berikut ini....

4 dari 4 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Melawan hoaks sama saja melawan pembodohan. Itu yang mendasari kami membuat Kanal Cek Fakta Liputan6.com pada 2018 dan hingga kini aktif memberikan literasi media pada masyarakat luas.

Sejak 2 Juli 2018, Cek Fakta Liputan6.com bergabung dalam International Fact Checking Network (IFCN) dan menjadi partner Facebook. Kami juga bagian dari inisiatif cekfakta.com. Kerja sama dengan pihak manapun, tak akan mempengaruhi independensi kami.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Ingin lebih cepat mendapat jawaban? Hubungi Chatbot WhatsApp Liputan6 Cek Fakta di 0811-9787-670 atau klik tautan berikut ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.